Khasiat Minyak Argan dan Peluncuran Kosmetik Lakmé di Blibli

Minyak Argan yang dipercaya mengandung berbagai khasiat untuk kesehatan dan kecantikan, berasal dari biji buah Argan. (foto sumber: Home Natural Cures)

Beberapa tahun terakhir saya sering mendengar minyak Argan menjadi salah satu bahan dasar pembuatan produk perawatan rambut. Gara-garanya saya pernah menerjemahkan beberapa kali artikel kecantikan yang menyebut-nyebut tentang minyak ini sebagai minyak ‘mujarab’ sebagai formula atau bahan utama produk sampo dan serum. Ternyata itu disebabkan kandungan vitamin E, yang kalau saya ingat dari pelajaran sekolah memang fungsinya bagus untuk menjaga rambut lembut. Vitamin E juga bagus banget untuk merawat kutikula kuku agar tidak gampang pecah (soalnya sepupu saya pernah mengalami kukunya pecah-pecah, lalu oleh ayahnya yang dokter disarankan minum vitamin E).

Ternyata, minyak ‘mujarab’ Argan ini tidak tumbuh di Indonesia, melainkan di daratan Maroko. Konon merupakan salah satu jenis pohon tertua di dunia yang tumbuh dalam sebuah hutan khusus dan mendapat label dari UNESCO sebagai Biosfir Alam yang patut dilestarikan, saking berkhasiatnya.  Bahkan buahnya menjadi santapan lezat kambing-kambing di sana, loh. Bahkan para kambing ini menurut sebuah sumber rela memanjati pohon tersebut hanya untuk memakan buahnya. Hhm… saya belum pernah melihat kambing manjat pohon di Indonesia 😀 (tapi memang benar dari cerita teman saya yang pernah berkunjung ke negeri di Afrika Utara itu, ia pernah melihat kambing manjat pohon, ha ha ha..).

Pernah lihat kambing manjat pohon? Ini dia penampakannya, kambing memanjati pohon Argan di daratan Maroko :). (foto sumber: Youtube)

Pada zaman dulu, khasiat minyak Argan telah dimanfaatkan untuk berbagai jenis pengobatan pada luka bakar, luka gigitan serangga, bahkan dipercaya dapat menyembuhkan jerawat. Selain itu, para wanita menggunakannya untuk kebutuhan perawatan kecantikan seperti yang saya sebutkan di atas tadi.

Vitamin E pada minyak Argan mengandung unsur antioksidan yang fungsinya mencegah penuaan. Vitamin ini diusung oleh zat Alpha-Tocopherol, yang juga berguna memberikan kelembaban tidak hanya pada rambut, melainkan juga pada kulit sensitif agar tidak mudah pecah-pecah. Makanya sepupu saya disarankan mengkonsumsi vitamin E ya. Terus, minyak Argan juga ternyata kaya akan asam lemak esensial Omega 3 loh, ini artinya si minyak ‘mujarab’ berfungsi juga untuk menurunkan kolesterol!

Dewi Lakshmi, yang menjadi nama merk dagang produk kosmetik Laksme, ternyata adalah seorang Dewi Kekayaan yang cantik jelita ;). (foto: The Indian Panorama News)

Dilihat dari fisiknya, warna minyak Argan agak kekuningan seperti minyak zaitun, tidak berbau menyengat dan mudah menyerap ke kulit. Berhubung sifatnya yang mudah diserap kulit ini makanya ia tidak akan lengket atau menempel di kulit tubuh mapun kepala kita, artinya jangan kuatir bakal menimbulkan kesan berminyak.

Kini, minyak Argan juga menjadi bahan dasar utama pembuatan lipstik produksi India melalui merk dagang Lakmé. Di bawah perusahaan Hindustan Unilever Limited (ya, di India juga ada Unilever), brand kosmetik yang diambil dari sebuah nama opera di Prancis ini diklaim sebagai perusahaan kosmetik nomor satu di tanah kelahirannya Shakrukh Khan.  Sebenarnya nama Lakmé berasal dari bahasa India itu sendiri, yaitu Lakshmi yang artinya Dewi Kekayaan, tapi dalam bahasa Prancis disebut Lakmé.

Varian produk lakme untuk wajah.

Meskipun produk keluaran India, Lakmé telah merambah ke mancanegara termasuk Amerika Serikat dan Indonesia dengan mengusung brand ambassador lokal yaitu Megan Fox serta Agnez Mo.  Untuk pasar Indonesia, kosmetik Lakmé baru dijual secara eksklusif melalui situs e-commerce Bliblidotcom sebagai salah satu situs e-commerce terbesar di Indonesia. Ada empat rangkaian produk make up yang diluncurkan oleh Lakmé dan dapat dibeli di Blibli, yaitu produk untuk wajah, mata, bibir serta kuku.

Varian produk Lakme untuk mata.

Produk Lakmé untuk wajah berupa bedak foundation, compact powder, concealer, make up remover, blush on dan highlighter.

Produk Lakmé untuk mata terdiri dari eyeliner, maskara, pinsil alis dan eye shadow.

Produk Lakmé untuk bibir ada lipstik dan lip gloss.

Varian produk lakme untuk kuku berupa kuteks.

Produk Lakmé untuk kuku berupa kuteks.

Yang paling menggoda buat saya sih produk lipstiknya, karena diperkaya bahan minyak Argan dengan berbagai khasiat yang saya sebutkan di atas tadi. Apalagi saya agak rewel kalau pakai lipstik karena bibir saya termasuk tipe yang sangat kering dan mudah pecah-pecah, jadi susah cocoknya memakai sembarang lipstik.

Teman-teman yang penasaran seperti apa produk lipstik Lakmé yang dibawakan oleh Agnez Mo dan Megan Fox, bisa lihat iklannya di sini:

 

Kalau mau pre-order, teman-teman bisa langsung mengunjungi toko online resmi Lakmé melalui website Blibli di sini: Lakme Argan Oil Blibli.

Varian produk Lakme untuk bibir yaitu lipstik yang kini sedang ada promo khusus di Bliblidotcom ;).

Selamat mencoba produk-produk Lakmé di Blibli ya! ***

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s