Koperasi dalam Genggaman Teknologi Seluler Melalui SOBATKU

Pesatnya perkembangan teknologi informasi memang membuat berbagai perusahaan berlomba-lomba membuat aplikasi pada ponsel pintar, atau istilah kerennya mobile apps, agar mudah diakses oleh para pelanggannya.

layanan jasa keuangan berpadu dengan kecanggihan teknologi yang disebut financial technology atau fintech.

Terutama, perusahaan-perusahaan yang memanfaatkan teknologi komputer, seperti perusahaan agen perjalanan untuk menjual tiket dan hotel, perusahaan telekomunikasi untuk menjual pulsa dan fasilitas berlangganan tivi kabel, dan tidak terkecuali perusahaan yang bergerak di sektor jasa keuangan dan perbankan. Nah, yang terakhir ini orang-orang menyebutnya dengan perusahaan fintech, singkatan dari financial technology. Jadi, jasa keuangan yang berpadu dengan kecanggihan teknologi.

Fintech melalui Mobile Apps

Kini ada rekening tabungan online Sobatku, diterbitkan oleh Bank Sahabat Sampoerna & Koperasi Simpan Pinjam Mitra Sahabat Sejati, yang merupakan perwujudan fintech. (foto: website Sobatku)

Beberapa waktu yang lalu saya pernah membahas tentang mobile apps di bidang fintech yang fungsinya bisa untuk jual-beli saham dan reksadana. Tapi, fungsi sederhana seperti menabung, transfer dan bayar-bayar tagihan yang biasanya kita lakukan melalui bank, juga bisa dilakukan via mobile apps, loh. Ya, jadi sekarang punya rekening tabungan nggak perlu datang ke bank, tapi bisa langsung dilakukan melalui aplikasi ponsel pintar yang kita punya. Bentuknya bukan berupa buku tabungan, melainkan tabungan online.

Fitur-fitur ini bisa kita temukan di mobile apps Sobatku keluaran Bank Sahabat Sampoerna. Uniknya rekening tabungan online Sobatku ini tidak ada biaya administrasi setiap kali kita melakukan transaksi! Dan, nggak ada syarat saldo minimal yang harus disetor ke rekening Sobatku kita ini. Asyik, nggak tuh…

Sobatku: Solusi atas Pengembangan Koperasi Berbasis Teknologi

Kalau ngaku generasi milenial yang peduli dengan koperasi, ayo bikin rekening online Sobatku seperti saya :D. (foto: dokpri)

Sobatku ini sepertinya menjawab pertanyaan saya beberapa waktu yang lalu dalam artikel yang pernah saya tulis tentang koperasi. Loh, koq koperasi? Sebab, rekening online Sobatku ini merupakan prakarsa Bank Sahabat Sampoerna yang bekerja sama dengan Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Mitra Sahabat Sejati.

Jadi, sebenarnya rekening tabungan Sobatku merupakan salah satu jenis produk simpanan koperasi yang diciptakan untuk memenuhi kebutuhan generasi milenial. ‘Kan, generasi milenial sering disebut-sebut gadget minded yah, ditambah lagi pemerintah melalui Kementerian Koperasi juga sedang mencanangkan penerapan fintech untuk koperasi, dengan kata lain koperasi juga harus beradaptasi dengan perkembangan zaman melalui penerapan teknologi. (Baca artikel saya yang ini deh: Koperasi untuk Generasi Milenial).

KSP Mitra Sahabat Sejati telah berdiri sejak tanggal 9 Desember 2008 melalui SK Kementerian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah  No.307/BH/MENEG.I/IX/2003 pada tanggal 30 September 2003. Koperasi ini telah aktif melakukan kegiatan operasional melalui Unit Simpan Pinjam sejak bulan Februari 2009. Lalu, pada tanggal 12 Juli 2017, koperasi yang bersinergi dengan PT Bank Sahabat Sampoerna  meluncurkan produk tabungan online Sobatku sekaligus dalam rangka pelaksanaan Rapimnas, serta merayakan hari jadi Koperasi yang ke-70. Wah, nggak terasa usia kokperasi sudah memasuki masa golden age ya :).

peluncuran tabungan online Sobatku pada hari jadi koperasi yang ke-70 & rapimnas dekopin di Makassar. (foto diambil dari website Sahabat UKM)

Maka, tabungan online Sobatku bisa menjadi sarana anak muda generasi milenial zaman sekarang untuk tetap mengenal koperasi tapi dengan cara yang lebih modern. Sebab, menabung di koperasi lebih banyak keuntungannya. Misalkan bebas biaya administrasi bulanan dan tidak ada saldo minimal. Tapi, rekening online Sobatku punya lebih banyak manfaat lainnya.

Nabung di Sobatku Berhadiah Undian Milyaran Rupiah

Apa saja sih manfaat yang bisa didapat kalau kita menabung di Sobatku selain gratis biaya administrasi? Infografis berikut bisa memberikan gambaran:

Ngomong-ngomong tentang undian berhadiah, semua nasabah Sobatku bisa ikutan loh, mau berapa pun saldo rekeningnya. Yang penting nih, syarat utamanya kita upgrade rekening dulu dan caranya tinggal upload scan KTP pada saat registrasi.  Kalau sudah upgrade, otomatis kita akan dapat 20 poin (10 poin registrasi + 10 poin upgrade). Seru, khaan…

Terus, setiap kelipatan Rp 50.000,- kita akan dapat 10 poin. Tapi, kalau saldo rekening kita sudah di atas Rp 500 ribu, maka setiap kelipatan Rp 50.000,- kita dapat 3 poin! Lebih jelasnya lihat tabel berikut, deh:

Poin-poin yang kita punya di rekening Sobatku setiap bulannya akan diundi dengan hadiah mulai dari sekecil-kecilnya Rp 100.000,-, dan maksimal Rp 10 juta, wow! Seratus ribu saja buat saya sudah lumayan buat beli pulsa dan belanja kebutuhan bulanan, ya nggak 😉.

Selain undian bulanan, ada juga undian pertiga bulan dengan total hadiah Grand Prize Rp 100 juta! Ajiiiib… (eh ini bahasa tahun berapa yah, ha ha ha..) Yah, dari sekarang kalau ada sisa uang nganggur, mendingan langsung ditransfer ke rekening Sobatku deh, lumayan bisa dapat poin undian. Dapat hadiah Undian Milyaran Rupiah, siapa yang nggak mau, sih…

Poin undian rekening online Sobatku diundi setiap bulan untuk mendapatkan hadiah reguler, dan setiap triwulan untuk mendapatkan hadiah Grand Prize 100 juta rupiah!

Ngomong-ngomong, undian Grand Prize  Sobatku triwulan pertama yang jatuh bulan Oktober kemarin sudah ada pemenangnya, loh. Namanya Anggi Saputra, seorang karyawan dari Jakarta.  Huhu… bagi-bagi dong, Mas Anggi, hadiahnya :D.

 

Cara Setor Uang di Sobatku

Lalu bagaimana caranya kalau mau menabung di rekening online Sobatku? Ada beberapa cara, yaitu:

  • Transfer via ATM

 

 2. Setor Tunai di cabang Sahabat UKM

Cabang Sahabat UKM tersebar di hampir setiap pulau di Indonesia, yaitu Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Papua.

Jaringan Sahabat UKM tersebar di seluruh Indonesia. (foto sumber: website Sahabat UKM)

Untuk informasi lengkapnya mengenai kantor-kantor cabang Sahabat UKM bisa dicek di website ini: http://www.sahabat-ukm.com/jaringan-kantor

Pilih menu ‘transfer sesama sobatku’ kalau mau nabung melalui teman yang juga punya rekening Sobatku. (screenshot: dokpri)

3.  Nabung Lewat Teman ke sesama Nasabah SOBATKU

Kalau mau pilihan yang ini, pilih opsi TRANSFER SESAMA SOBATKU pada menu halaman utama aplikasi rekening kamu.

4. Setor tunai di Alfamart/Alfamidi

Beberapa  hari yang lalu saya coba-coba setor uang sebesar Rp 50 ribu ke Alfamart dan Alfamidi dekat rumah, karena selain via bank transfer, bisa juga nabung lewat kedua minimarket ini. Sayangnya nih, mesinnya lagi pada rusak semua. Saya telepon layanan Kontak Sahabat UKM di 1500 218, katanya sih tetap dicoba saja ke Alfamidi atau Alfamart lainnya. Hebatnya, waktu itu saya telepon malam-malam sekitar jam delapan dan diangkat loh sama operatornya 😊.

Tapi yah mungkin saya belum beruntung setor di Alfamart karena gagal melulu. Jadinya saya transfer saja dari rekening tabungan saya yang lainnya melalui ATM. Dan kini saldo di tabungan Sobatku saya sudah ada Rp 50.000,-. Poinnya pun sudah lumayan ada 20, he he he..

rekapitulasi poin yang saya kumpulkan sejak pertama kali membuka rekening Sobatku. Bisa dicek langsung di HP, loh. (screenshot: dokpri)

Rekening tabungan online Sobatku ini saya gunakan untuk membeli pulsa internet dan HP secara rutin.

Kalau ada hal yang nggak dimengerti terkait akun Sobatku kamu, telepon aja ke 1500 218. Layanan ini bahkan juga tersedia sampai malam, loh!

Lumayan lah bisa dapat poin kalau transaksi via aplikasi Sobatku. Siapa tahu bisa ketiban rejeki dapat undian berhadiah. Tapi yang paling penting sih, semoga dunia koperasi Indonesia tetap hidup dan gerakan fintech ini dapat ditiru oleh koperasi-koperasi lainnya 😉 . ***

Info lebih lanjut tentang :

Tabungan SOBATKU www.sobatku.co.id

Koperasi Simpan Pinjam Mitra Sahabat Sejati www.sahabat-ukm.com

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan SOBATKU. Artikel ditulis berdasarkan pengalaman dan opini pribadi.

Iklan

20 thoughts on “Koperasi dalam Genggaman Teknologi Seluler Melalui SOBATKU

      1. Nur Irawan

        kan yang aku tabung sisa-sisa dari atm yang tidak bisa diambil, biasanya 20rb, 30rb atau saat disuruh ke alfamart, dan ada sisa, coba aku tabungin aj sekalian, hehehe

  1. Mirna Kei Rahardjo

    mungkin karena memang awalnya koperasi habis gitu dibikin aplikasi, transaksinya jadi lengkap ya daripada aplikasi keuangan lainnya… keren

    Balas
  2. gemaulani

    Kalau aku malah kebalikannya mba. Belum berhasil transfer dari ATM ke rekening SOBATKU hehe.

    Aku juga suka nih beli pulsa di SOBATKU ini, cepet masuknya

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s