Marissa Mayer, Si Tangan Dingin Google Yang Menguasai Programming

Siapa yang nggak kenal Google? Situs pencari nomor satu di dunia ini pernah digawangi oleh seorang pakar informatika wanita, loh! (foto: pexels)

Berbicara tentang Google, maka ingatan saya langsung melayang ke sebuah nama seorang wanita berambut pirang yang pernah menjadi petinggi perusahaan IT raksasa asal Amerika Serikat. Soalnya jarang-jarang sih seorang wanita bisa berkiprah di dunia yang digeluti kaum pria, apalagi bisa menduduki posisi paling bergengsi sebagai CEO alias Chief Executive Officer. Dia adalah Marissa Mayer (jangan terbalik dengan Marissa Meyer si penulis buku anak-anak ya :D), wanita kelahiran tahun 1975 dari Wisconsin.

Selama 13 tahun bergabung dengan Google sejak tahun 1999, Marissa telah melakukan banyak terobosan yang membuat Google lebih berkembang pesat dan menjadi user friendly seperti yang kita kenal sekarang ini. Mulai dari Google Search, Google Image, Google Maps, Google Books, bahkan Gmail, iGoogle, Google Toolbar, semua itu adalah hasil karya inovatif dari ibu dua putri kembar ini.

Marissa Mayer berjasa dalam mengembangkan berbagai fitur Google yang kita kenal sekarang ini, seperti Google Maps, Google Books, Google Toolbar, dll. (foto: getty images)

Marissa memang dikenal bertangan dingin dalam pengembangan produk dan teknologi serta mempunyai pandangan yang visioner. Ia juga seorang pekerja keras yang konon katanya bekerja hingga 130 jam per minggu! Ck ck ck … mungkin yang dimaksud bekerja nyaris tanpa henti dalam seminggu itu menganut pola pikir strategis dan inovatif sejak bangun tidur hingga menjelang tidur malam. Tapi teman-teman sudah pernah lihat sendiri ‘kan di beberapa situs berita bagaimana penampakan kantor Google yang luar biasa nyaman, bahkan seperti arena bermain? Kantor bisa dipakai untuk main bilyar, untuk duduk selonjoran di lantai atau sambil rebahan di sofa yang empuk… bekerja pun nggak terasa sedang bekerja ya 😊 ?

Kalau melihat ‘dalaman’-nya kantor Google kayak gini: kerja berasa nggak kerja :D. (foto: Youtube)

Marissa memang punya latar belakang pendidikan di bidang ilmu komputer dengan spesialisasi ilmu kecerdasan buatan, atau dalam bahasa kerennya Artificial Intelligence. Ia sarjana ilmu komputer dari Stanford University, sebuah kampus swasta elit di negara bagian California yang letaknya berdekatan dengan Silicon Valley, tempat bercokolnya orang-orang nerd alias para jago komputer dan informatika seperti Bill Gates dan Mark Zuckerberg.

Mempelajari ilmu kecerdasan buatan sebagai bagian dari ilmu komputer tentunya Marissa juga belajar ilmu pemrograman, atau disebut juga programming. Teman saya yang juga sarjana Fasilkom UI dan sekarang bekerja di laboratorium komputer kampus almamater juga selalu berkata tiada hari tanpa programming. Sepertinya, siapa pun yang pernah mengenyam pendidikan ilmu informatika atau komputer, programming merupakan salah satu keahlian yang wajib dipelajari.

Belajar ilmu programming nggak perlu sampai bikin puyeng kepala begini ya :D. (foto: pexels)

Tapi, bukan berarti kita yang orang awam tidak boleh belajar programming sama sekali, loh. Apalagi buat kalian yang tertarik untuk belajar membuat website, memahami bahasa-bahasa pemrograman sederhana akan mempermudah proses kalian dalam merancang sebuah website yang sederhana juga.

Caranya?

Di DUMET SCHOOL, ada jenis kursus yang mengajarkan cara membangun situs e-commerce atau toko online bagi teman-teman yang tertarik belajar membuat website. Nama kursusnya Web Programming, yang di dalamnya terdapat 2 kelas pembelajaran, yaitu Object Oriented Programming (disingkat OOP) serta PHP Framework CodeIgniter.

2 modul yang dipelajari di kursus web programming DUMET SCHOOL.

Apa pula itu OOP dan PHP? Pemberi Harapan Palsu :D? Wakakakak…

Sederhananya, Object Oriented Programming atau OOP adalah semacam bahasa pemrograman tingkat lanjut buat teman-teman yang ingin lebih ragi dalam membuat database. Untuk itu, penguasaan terhadap PHP Basic dan PHP OOP diperlukan sebelum masuk ke kelas ini. PHP sendiri merupakan dasar-dasar dari pembelajaran programming.

chatting online dengan pihak DUMET SCHOOL: bertanya dulu supaya lebih paham isi kursus web programming. (screenshot: dokpri)

Tapi, kalau teman-teman belum punya basic sama sekali dalam pembuatan website, DUMET SCHOOL sih menyarankan kita ambil kursus Web Master supaya paham apa itu HTML CSS dan PHP MySQL yang menjadi dasar pembelajaran di kelas web programming. Hhmmm…saya juga nggak ngerti ini bahasa planet apaan :D. Tapi buat teman-teman yang ingin menjadi the next Marissa Mayer, menguasai bahasa-bahasa planet komputer semacam ini memang perlu banget.

Kalau belum punya dasar bahasa pemrograman, lebih baik kursus Webmaster dulu di DUMET SCHOOL. (screenshot: dokpri)

Terlebih lagi di DUMET SCHOOL kalian bisa belajar sampai betul-betul menguasai materi yang diajarkan tanpa ada batasan waktu. Meskipun perkiraan durasi kursus web programming adalah selama 2 bulan dengan harga Rp 7,9 juta, tapi kalau lebih dari itu belum yakin betul sudah memahami dan menguasai modul-modul yang diajarkan, maka kalian bisa mengulangi lagi pelajaran SEPUASNYA sampai bisa menghasilkan website, tanpa tambahan biaya. Trus, kalau sudah lulus, teman-teman akan mendapatkan sertifikat dari Kemdiknas. Canggih, ‘kan… . Siapa tahu sertifikat ini bisa digunakan untuk melamar pekerjaan di Google dan mengikuti jejak Marissa. (Eh, sekarang posisi CEO Google dipegang oleh pria berkebangsaan India loh, namanya Sundai Pichar).

Biaya kursus web programming Rp 7,9 juta & kita dijamin belajar sampai bisa ;). (screenshot: dokpri)

Kini Marissa ‘dibeli’ oleh Yahoo! untuk menyelamatkan perusahaan IT tersebut dari kebangkrutan. (Photo by Ethan Miller/Getty Images)

Sekarang kabarnya Marissa sudah ‘dibeli’ oleh Yahoo! meskipun perusahaan IT satu ini nyaris mengalami kolaps karena kalah bersaing dengan Google. Mungkin, harapan para investor di Yahoo, Google saja bisa berkembang dengan pesat di tangan Marissa, maka Yahoo! pun nggak jadi bangkrut berkat tangan dinginnya. Ngomong-ngomong… kapan ya kedua perusahaan raksasa ini dipimpin oleh pakar informatika dari Indonesia? 😊. ***

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s