Film My Generation, Remaja Milenial Membangkang Orangtua?

Akhir-akhir ini, lini masa media sosial diramaikan dengan akan dirilisnya film terbaru garapan Upi yang menceritakan kisah kehidupan remaja generasi milenial alias ‘kids zaman now’. Upi yang dikenal dengan film-film komedi dan drama remaja metropolitan seperti 30 Hari Mencari Cinta (2004), Radit dan Jani (2008), Realita, Cinta dan Rock ‘n Roll (2006) tergelitik untuk mengangkat kehidupan remaja zaman sekarang yang melek medsos setelah melakukan riset selama dua tahun di berbagai komentar yang dilontarkan oleh anak-anak remaja di media sosial termasuk You Tube.

sebuah kutipan dialog dari salah satu tokoh di film My Generation. Betulkah film ini mengajarkan untuk membangkang terhadap orangtua? (foto : dokumentasi IFI Sinema)

Menurut Upi, anak-anak remaja masa kini cenderung bersikap lebih terbuka dan jujur di media sosial ketimbang jika ditanya langsung, dan komentar-komentar mereka terhadap status atau postingan medsos terus terang membuat Upi kaget. “Gila banget,” katanya seperti dilansir oleh sebuah situs berita online. Rata-rata anak remaja ini mengomentari kehidupan seputar sekolah, orangtua, dan guru.

Zeke, Suki, Orly dan Konji yang mewakili generasi milenial zaman sekarang di film My Generation. (foto: dok. IFI Sinema)

Atas dasar itulah, Upi menggagas ide untuk membuat film seputar dunia remaja generasi milenial melalui kisah empat orang remaja bernama Suki, Zeke, Orly dan Konji. Keempat remaja ibukota ini mengenyam pendidikan di sekolah yang sama, dan pada saat yang bersamaan menghadapi permasalahan dengan keluarga mereka masing-masing. Suki (dibintangi oleh Lutesha) ingin memberontak dari kekangan keluarga yang terlalu memaksanya untuk mengejar nilai akademis agar sukses berbisnis, padahal Suki lebih suka bermain musik. Zeke (dimainkan oleh Bryan Langelou) dalam hatinya merasa marah kepada kedua orangtuanya yang tidak menganggap kehadirannya, terutama setelah saudara kandungnya meninggal. Orly (diperankan Angela Kosasie) adalah seorang gadis dari keluarga single parent yang vokal berbicara tentang status perempuan dan keperawanan, namun di saat yang sama mempertanyakan sikap ibunya yang berpacaran dengan brondong alias pria yang lebih muda. Sementara Konji, cowok pendiam yang dibintangi Arya Vasco muak dengan wejangan-wejangan dari orangtuanya yang konservatif padahal kenyataannya ada beberapa sikap sang ayah dan ibu yang berkebalikan.

Keempat remaja ini pun lalu membuat video kontroversial yang berisi olok-olokan terhadap orangtua dan guru mereka dan langsung viral, sehingga mereka dihukum pihak sekolah selama masa liburan. Namun dalam masa liburan itulah mereka menemukan hal-hal yang tidak diduga yang memberikan pelajaran berharga.

Para pemain dan sutradara film My Generation. Ki-ka: Joko Anwar, Surya Saputra, Aida Nurmala, Arya Vasco, Upi, Lutesha, Bryan Langelou. Minus Angela Kosasie. (foto: dok. IFI Sinema)

Jadi, apa benar film My Generation mengajarkan anak-anak remaja sekarang untuk membangkang terhadap orangtua? Sebaiknya tonton dulu saja filmnya yang akan rilis 9 November nanti. Apalagi, film produksi IFI Sinema ini juga didukung oleh artis-artis senior seperti Surya Saputra, Aida Nurmala, Joko Anwar dan Tyo Pakusadewo.

Maka saya rasa tidak mungkin Upi membuat film ini kalau bukan untuk membawa pesan tertentu terhadap keluarga, terutama mengenai hubungan antara orangtua dan anak-anak remaja yang patut kita ambil hikmahnya. Daripada nge-judge duluan, lebih baik kita ajak anak-anak, ponakan, sepupu kita yang beranjak remaja, tanyakan pendapat mereka setelah menonton film ini. Siapa tahu mereka juga menyimpan keresahan yang sama atau serupa yang dialami Suki, Konji, Zeke dan Orly. Yah, ini pekerjaan rumah kita bersama.***

Judul Film: My Generation

Pemain: Bryan Langelou, Arya Vasco, Lutesha, Alexandra Kosasie, Karina Suwandhi, Surya Saputra, Joko Anwar, Tyo Pakusadewo

Sutradara: Upi

Produksi: IFI Sinema

Tanggal rilis: 9 November 2017

Iklan

One thought on “Film My Generation, Remaja Milenial Membangkang Orangtua?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s