Solusi Alami Untuk Mengatasi Infeksi Saluran Kemih

Beberapa waktu yang lalu saya pernah menulis tentang penyakit anyang-anyangan yang sesekali melanda saya terutama saat sedang terserang demam atau saat menjalani ibadah puasa. Tapi kali ini saya akan lebih banyak membahas tentang bagaimana cara mengobatinya.

anyang-anyangan atau dalam bahasa kedokteran disebut Dysuria dapat menyerang pria maupun wanita. (gambar ilustrasi: studydotcom)

Seperti yang pernah saya sebutkan pada artikel sebelumnya tentang anyang-anyangan, penyakit ini dalam bahasa ilmiah kedokterannya disebut dengan Dysuria. Dapat diderita baik oleh pria maupun wanita, penyakit anyang-anyangan pada dasarnya merupakan rasa perih yang dialami ketika si penderita sedang buang air kecil.

Penyebab anyang-anyangan bisa bermacam-macam, antara lain si penderita mempunyai riwayat penyakit diabetes, prostat yang membesar, atau terdapat batu di dalam ginjalnya yang sering juga disebut dengan kencing batu. Selain itu, faktor lainnya yang bisa menyebabkan seseorang terkena anyang-anyangan adalah kehamilan, pernah dipasang alat kateter sewaktu diopname di rumah sakit, juga faktor usia lanjut.

pemeriksaan sampel urin dilakukan di laboratorium untuk mengidentifikasi bakteri penyebab Dysuria. (foto ilustrasi: pexels.com)

Tahap Pemeriksaan Penyebab Anyang-Anyangan

Dysuria atau penyakit anyang-anyangan didiagnosa melalui beberapa tahap, yaitu:

  1. Dokter atau tenaga medis akan meneliti atau mengamati dulu riwayat kesehatan si penderita termasuk penyakit-penyakit yang pernah diderita
  2. Dokter atau tenaga medis juga akan mengecek frekuensi urinasi dan riwayat hubungan seks si penderita
  3. Dokter atau tenaga medis lalu akan memeriksa sampel urin melalui pemeriksaan abdomen dan/atau alat kelamin si penderita

Setelah sampel urin dicek di laboratorium, maka akan diidentifkasi jenis bakteri yang menyebabkan dysuria atau infeksi pada saluran kemih si penderita.

 

Cara Merawat dan Mencegah Anyang-Anyangan

langkah-langkah pencegahan dan pengobatan anyang-anyangan atau dysuria. (ilustrasi: top10homeremedies.com)

Jika terjadi infeksi saluran kemih yang disebabkan oleh bakteri, biasanya dokter atau tenaga medis akan memberikan antibiotik. Selain itu, untuk mengurangi rasa nyeri pada saluran kemih akan diberikan juga semacam analgesik atau obat pereda rasa nyeri. Akan tetapi, jika penyebab infeksi saluran kemih bukan bakteri, akan dilakukan serangkaian pemeriksaan lanjutan.

Namun lebih baik lagi jika dilakukan tindakan pencegahan agar tidak terjadi hal-hal yang diinginkan, bukan? Nah, berbagai tips berikut bisa Anda lakukan untuk mengatasi susah buang air kecil:

  1. Minum air putih banyak-banyak, sedikitnya 8 gelas per hari

  2. Jangan lupa buang air kecil terlebih dahulu sebelum tidur di malam hari dan setelah melakukan hubungan seks bagi yang sudah menikah

  3. Tidak dibiasakan menahan pipis

  4. Menjaga kebersihan alat kelamin juga toilet. Bila perlu bawa tisu basah jika Anda hendak buang air kecil di toilet umum.

buah Cranberry sebagai solusi alami untuk mengatasi rasa nyeri saat buang air kecil. (foto ilustrasi: pexels.com)

Cara lainnya mencegah penyakit anyang-anyangan adalah mengkonsumsi buah Cranberry (Vaccinium oxycoccos) secara rutin. Buah yang mengandung kadar antioksidan tinggi ini lazim ditemukan di iklim subtropis di Amerika Utara dan Kanada. Zat antioksidan (proanhtocyanidins) yang terdapat dalam buah Cranberry ini memiliki sifat anti-adesif yang menyebabkan bakteri  sulit menempel pada saluran kemih.

Di Indonesia, berhubung negara kita ini beriklim tropis, memang agak sulit menemukan buah Cranberry. Namun, perusahaan obat-obatan terkemuka di Indonesia, Combiphar, memproduksi ramuan khusus untuk mencegah anyang-anyangan yang berbahan buah Cranberry dan dilabeli dengan merk dagang Prive Uricran.

Prive Uricran tersedia dalam kemasan kapsul (Prive Uricran) dan sachet berisi serbuk (Prive Uricran Plus) yang dapat dilarutkan menjadi minuman. Komposisi untuk setiap satu kapsul atau sachet Uricran adalah sebgai berikut:

* 375 mg ekstrak/sari buah Cranberry

* Vitamin C

* Bakteri probiotik Lactobacillus acidophillus dan Bifidobacterium bifidum. Jangan salah, meskiun bakteri, keduanya ini justru bermanfaat untuk memelihara saluran kemih dan sekaligus saluran pencernaan agar dapat bekerja sesuai fungsinya.

Prive uricran, ramuan yang diproduksi Combiphar mengandung ekstrak buah Cranberry berkhasiat mengobati dan mencegah anyang-anyangan. (foto sumber: website Prive Uricran)

Sekarang Anda tak perlu kuatir jika terserang masalah susah buang air kecil dan sulit menemukan buah Cranberry sebagai solusi alaminya.  Dengan rutin meminum Prive Uricran satu sachet atau satu kapsul sehari, semoga Anda dapat terhindar dari problem anyang-anyangan dan dapat beraktivitas dengan maksimal dalam keseharian Anda 😉. ***

Iklan

2 thoughts on “Solusi Alami Untuk Mengatasi Infeksi Saluran Kemih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s