Ramadhan Bersama Lazada: Peluncuran Seagate Hard Disk Drive Portable

Beberapa waktu yang lalu, saya pernah menyinggung sedikit tentang Seagate Hard Disk Drive Portable yang pernah diluncurkan oleh salah satu situs e-commerce terbesar di Indonesia. Nah, pada bulan Ramadhan tahun 2017 ini, atau tahun 1438 Hijriyah, Seagate Hard Disk Drive (HDD) Portable kembali diperkenalkan ke Indonesia, namun melalui situs e-commerce lainnya yaitu Lazada.

Ramadhan bersama Lazada & para blogger yang digelar 8 Juni 2017 di Plaza Agro Jakarta. (foto: dokpri)

Acara pengenalan Seagate HDD Portable yang diselenggarakan oleh Lazada ini juga dibarengi dengan bukber bareng para blogger yang diundang secara khusus dan terbatas 50 orang saja. Selain produk Seagate, sebenarnya ada lagi produk lainnya yang diperkenalkan oleh Lazada dalam acara bukber tanggal 8 Juni 2017 kemarin, namun dalam tulisan ini saya akan membahas lebih dalam mengenai Seagate HDD Portable.

Namanya juga HDD Portable, artinya hard disk ini fungsinya dapat menyimpan data dalam kapasitas besar, dan dapat dibawa ke mana-mana alias portable karena sifatnya yang ringan serta mudah digenggam. Tapi, keistimewaan HDD Portable buatan Seagate adalah ia dapat menyimpan data dengan total kapasitas hingga Tera Byte (TB), yaitu sekitar 1012 bytes, alias satu trilyun bytes! Hm.. kalau dibayangkan kira-kira jumlah angka nolnya ada berapa yaโ€ฆ ๐Ÿ˜ƒ . Selama ini flash disc, atau alat-alat penyimpan data lainnya biasanya paling sanggup mencapai beberapa Giga Byte (GB) saja, atau sekitar satu jutaan bytes.

Apa yang mendasari Seagate untuk menciptakan produk ini? Dan, siapakah Seagate itu?

 

Seagate: Visi dan Misi

Seagate merupakan perusahaan penyimpanan data yang telah berdiri sejak tahun 1978 di Amerika Serikat oleh Alan Shugart dengan produk pertama yang diciptakan berupa HDD berukuran 5,25 inchi dengan kapasitas penyimpanan 5 MB saja. Kemudian Seagate masuk ke pasar Asia melalui Singapura pada tahun 1982 dan mencapai angka penjualan hingga 40 juta dolar Amerika Serikat.

Jumlah data yang diakses penduduk bumi pada tahun 2020 nanti mencapai zettabytes. (foto sumber: presentasi Seagate)

Seagate masuk ke pasar Indonesia secara resmi sejak tahun 2016 lalu dan mengklaim sebagai pelopor pembuat HDD Portable berdaya besar hingga mencapai kapasitas Terabytes yang belum ada penandingnya. Menurut Seagate, kebutuhan akan sebuah alat yang mampu menampung data akan terus meningkat, karena jumlah data yang diproduksi oleh manusia juga bertambah pesat, sehingga prediksi Seagate di tahun 2020 nanti jumlah data yang dihasilkan akan mencapai 44 ZB alias zetabytes, sekitar sepuluh kali lipatnya dari data pada tahun 2016! Data yang dihasilkan tidak hanya dari kegiatan sehari-hari untuk kebutuhan personal, tapi juga kegiatan di perusahaan.

Jumlah data yang diperkirakan pada tahun 2025 (sumber: website seagate)

Saking banyaknya data yang diproduksi dari kegiatan personal maupun bisnis, maka keamanan atau kerahasiaan akan data tersebut juga pastinya penting, dong. Kalau kita perhatikan film-film action atau film detektif zaman sekarang, kebanyakan para penjahatnya tidak lagi mencuri atau merampok emas atau perhiasan sebagai barang berharga. Tapi apa coba? Data! Data rahasia sebuah negara, data rahasia berisi akses masuk ke rekening-rekening perusahaan, data rahasia mengenai rekam medis atau hasil penelitian yang belum dipublikasikanโ€ฆ wah banyak!

Seagate Back Up Plus Hard Disk External Portable yang ditampilkan pada foto ini dapat menyimpan data hingga 5 TB (foto: dokpri)

Untuk itu, Seagate meluncurkanย HDD Portable yang diciptakan untuk memenuhi kebutuhan personal, bisnis maupun industri berskala besar demi menyimpan dan melindungi data berkapasitas besar yang memerlukan sistem proteksi atau penguncian yang ketat.

Produk Seagate HDD Portable: Menyimpan dan Melindungi Data Anda

Di sini saya akan menjelaskan produk Seagate HDD External Portable, artinya produk hard disk portable yang digunakan untuk keperluan pribadi khususnya bagi pekerja freelancer seperti blogger, fotografer, maupun pekerja kantoran yang mobile. Semua produk Seagate HDD External Portable yang saya terangkan di bawah ini manfaatnya bisa untuk membackup data, loh. Caranya yaitu dengan mengaktifkan fitur Seagate Personal Cloud (fitur ini juga bisa diaksikan secara otomatis), berlaku untuk operating system Apple maupun Windows menggunakan kabel USB.

Pak Tirta Saputra Salim selaku Country Manager Seagate Indonesia memberikan penjelasan tentang Hard Disk External Portable di acara Bukber Lazada bareng blogger. (foto: dokpri)

Pak Tirta Saputra Salim sebagai Country Sales Manager Seagate Indonesia menambahkan, agar data tetap aman, HDD Portable buatan Seagate sebaiknya disimpan dalam suhu <400 Celcius. Selain itu, ada juga garansi 3 tahun jika terjadi kerusakan fisik pada produk-produk Seagate yang Anda beli langsung dari Lazada atau dealer resmi Seagate.

Oya, dari tadi saya mengatakan kapasitas yang dapat disimpan Seagate HDD Portable itu mencapai Terabyte (TB), atau lebih tepatnya mulai dari 4 TB. Tapi ada juga produk Seagate HDD External Portable lainnya yang bisa menyimpan lebih dari itu.

Untuk lebih jelasnya, ada tiga jenis produk Seagate HDD External Portable yang akan saya jabarkan di sini:

  1. BACK UP PLUS PORTABLE 5TB

(foto sumber: file presentasi Seagate)

Diklaim sebagai alat penyimpan data terbesar di dunia, yatu 5 Terabytes dalam ukuran ringan dan tipis 2,5 x 0,8 inchi, ia dapat mentransfer data sebanyak 140 MB per detik menggunakan kabel USB 3.0.

Perbandingannya setara dengan lebih dari 1,2 juta lagu MP3, 800 ribu foto, atau 600 jam video dengan standar High-Definition (HD)!

Di Lazada, harga BUP Portable 5 TB dibandrol sekitar Rp 2,57 – 2,59 juta.

 

  1. BACK UP PLUS DESKTOP HUB

HDD Portable Back Up Plus Hub ini dapat menyimpan data mulai dari kapasitas 4 Terabytes hingga 8 Terabytes.

Khusus untuk Back Up Plus Desktop, kapasitas data yang dapat disimpan adalah sebesar 3 s.d. 4 TB. Bisa digunakan baik untuk komputer PC atau pun Mac, beratnya hanya 1,06 kg dengan ukuran panjang, lebar dan tinggi 118 mm x 41 mm x 198,1 mm.

Back Up Plus Hub memiliki fungsi ganda sebagai hub data all-in-one dan stasiun pengisian ulang daya.

Di Lazada, harganya dibandrol mulai dari Rp 1,9 juta sampai Rp 3,9 juta.

 

  1. BACK UP PLUS ULTRA SLIM + SRS

Namanya juga ultra slim, HDD External Portable yang satu ini tebalnya hanya 9,6 mm, jadi bisa disimpan di saku baju atau celana, dengan kapasitas penyimpanan mulai dari 500 GB hingga 4 TB. Ia juga dapat menyimpan data di Microsoft One Drive atau software Lyve sebesar 200 GB dan bisa berbagi dengan para pengguna lainnya.

Ia dapat menyimpan sampai 500.000 lagu, 320.000 foto dan 240 jam video berstandar HD. Disainnya pun ciamik dengan sepuhan finishing touch emas atau logam platinum, jadi kelihatan keren dan gaul banget deh kalau punya ini.

Ada fitur baru dari HDD Portableย Back Up Plus Ultra Slim ini, yaitu fasilitas gratis Secure Data Recovery Services selama 2 tahun. Asyik banget, kan!

Di Lazada, HDD Portable Ultra Plus Slim dibandrol dengan harga mulai Rp 850 rb sampai Rp 1,3 juta.

 

punya Back Up Plus Ultra Silm dari Seagate wajib nih buat para freelancer atau blogger yang butuh hard disk external berkapasitas cukup besar dan bisa dibawa ke mana-mana. (foto: dokumen Seagate)

Nah, sekarang tinggal dipilih kira-kira yang sesuai dengan kebutuhan Anda yang mana. Kalau saya sih, sebagai blogger dan penerjemah freelance, kayaknya cukup punya yang ultra slim dengan kapasitas 500 GB. Tapi nanti jika sudah bekerja kantoran mungkin saya akan membutuhkan kapasitas yang lebih besar sampai dengan 4 TB untuk keperluan penyimpanan data kantor. **

Iklan

4 thoughts on “Ramadhan Bersama Lazada: Peluncuran Seagate Hard Disk Drive Portable

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s