Tetap Aktif dan Sehat Selama Berpuasa Ramadhan Berkat Theragran-M

Bulan puasa Ramadhan bukan berarti lebih banyak berdiam di rumah. Meskipun status saya saat ini pengangguran πŸ˜ƒ (sambil mencari pekerjaan baru yang lebih baik lagi yah tentunya), saya justru lebih sering mengikuti banyak kegiatan outdoor yang berkaitan dengan dunia blogging.

Apalagi di bulan puasa, undangan dari berbagai produk maupun institusi untuk mengikuti acara mereka malah lebih sering ketimbang hari-hari biasa, nyaris setiap hari! Biasanya, acara untuk para netizen, blogger dan awak media juga diiringi dengan bukber bareng alias ifthar.

Bulan puasa, kegiatan ngeblog malah semakin padat. Salah satunya, diundang CGV menghadiri pembukaan cabang baru di Depok pada awal puasa kemarin. (foto: dokpri)

Alhamdulillah, rejeki memang selalu ada saja dari mengikuti berbagai acara untuk blogger. Tetapi, kadang kalau sudah lupa diri, tubuh baru terasa capeknya saat sudah mulai menampakkan gejala kelelahan. Entah itu meriang, tenggorokan perih dan nyeri, kepala agak kliyengan, badan pegal-pegal seperti habis menggotong barang berat… rasanya pingin rebahan aja di kasur. Padahal, seharusnya saya memang lebih tahu diri sih, kondisi fisik tubuh saat berpuasa tentunya akan berbeda dengan kondisi fisik tubuh di hari-hari biasa.

inginnya bisa istirahat sebentaaar aja, di tengah-tengah hiruk-pikuk kesibukan ibu kota. (photo credit: pexels)

Kurang tidur, itu pasti. Walaupun acara ifthar biasanya baru dimulai sore hari, bisa jam 3 atau 4 sore, dan berakhir malam selepas maghrib atau bisa juga sampai jam delapan malam, tetapi saya β€˜kan harus membuat artikel reportase mengenai acara-acara yang saya ikuti. Berhubung kalau sudah mengetik di depan laptop terlalu keasyikan, kadang suka lupa jamnya sudah lewat larut malam. Dan, kalau masih kuat, dilanjutkan mengetik sehabis sahur, he he he… Maka saya jarang tidur lagi setelah sholat subuh kecuali kalau rasa kantuk memang sudah tak tertahankan. Nggak tahu kenapa saya kalau tidur lagi selepas sahur bawaannya mimpi sedang makan dan saat terbangun ngiler … 😝. Nggak enak, β€˜kan.

jangan lupa juga makan buah agar kebutuhan vitamin dan mineral tetap terjaga selama berpuasa. (foto sumber: website pexels)

Selain itu, pastinya juga kurang minum. Padahal tubuh perlu asupan air mineral setidaknya 8 gelas per hari. Kalau sudah begitu saya β€˜nabung’ minum air putih setelah berbuka puasa dan saat makan sahur. Buah pun harus saya konsumsi, setidaknya yang banyak mengandung air seperti jeruk atau apel. Biasanya saya makan pada saat berbuka. Sementara buah pisang saya santap sebelum makan sahur, karena katanya bagus untuk asupan energi.

Nah, akibat lupa diri itu (maksudnya lupa istirahat dan tidak memperhatikan pola makan), badan saya sempat drop akhir pekan kemarin. Rasanya benar-benar tidak ingin mengerjakan apa-apa, padahal peer tulisan, artikel, dan kerjaan terjemahan menghadang di depan mata. Huaa…!! Rasanya pingin jadi Wonder Woman aja😊.

pingin jadi Wonder Woman yang selalu aktif, kuat dan sehat meskipun banyak kegiatan :). (foto: dokpri)

Untungnya, saya suka menyetok berbagai Β obat dan vitamin di rumah. Salah satunya, Theragran-M. Kebetulan dulu waktu saya pernah diopname di rumah sakit, dokter pernah menyarankan minum multivitamin produksi PT Taisho Pharmaceutical Indonesia tersebut, karena Theragran-M merupakan vitamin yang bagus untuk mempercepat masa penyembuhan. Multivitamin ini mudah didapatkan di apotek dan toko-toko obat seperti Century, Guardian, Watson dengan harga 1 stripnya Rp 20.000,- isi 4 kaplet. Kalau beli online mungkin bisa dapat dengan harga lebih murah.

Lumayan manjur sih, badan saya jadi terasa agak lebih segar setelah mengkonsumsi vitamin yang formulanya terdiri dari unsur-unsur vitamin dan mineral berikut (berdasarkan diet 2000 kkal):

foto sumber: website Taisho Pharmaceuticals Indonesia

VITAMIN

Β 

KADAR

% dari AKG/hari*

A

D

B1

B2

B6

B12

Niasinamida

Kalsium Pantotenat

C

E

MINERAL

Iodium

Besi

Tembaga II

Mangan II

Magnesium

Seng

(sebagai asetat)

(cholekalsiferol)

(tiamina mononitrat)

(riboflavin)

(piridoksina hidroklorida)

(sianokobalamina)

(sebagai natrium askorbat)

(sebagai dl-alfatokoferil asetat)

(sebagai kalium iodida)

(sebagai fumarat)

(sebagai sulfat)

(sebagai sulfat)

(sebagai karbonat)

(sebagai sulfat)

Β  Β Β  10.000 SI

400 SI

10 mg

10 mg

5 mg

5 mcg

100 mg

20 mg

200 mg

15 SI

150 mcg

12 mg

2 mg

1 mg

65 mg

1,5 mg

505

200

833

769

385

208

625

333

150

115

41

25

14

Saya meminumnya cukup satu tablet sehari, begitu pula selama masa penyembuhan setelah badan sempat drop weekend kemarin. Vitamin ini juga bagus untuk mengembalikan kondisi tubuh setelah sakit.

Sempat drop selama bulan puasa, saya pun segera minum multivitamin Theragran-M untuk mempercepat masa penyembuhan. (foto: dokpri)

Setelah sempat drop, apakah saya jadi kapok untuk ikut acara-acara selama bulan puasa? Nggak juga tuh, bahkan untuk dua minggu ke depan, sudah mengantri nih acara-acara ifthar yang diadakan berbagai institusi dan perusahaan seperti Ngobrol MPR bareng Netizen Jakarta, acara diskusi dan nobar di CGV, acara Ngoplah di Kompasiana, fiuuh… Belum lagi mengerjakan beberapa artikel reportase hasil kegiatan saya mengikuti acara ngabuburit bareng Jakarta Food Traveler. Sehat, kuat, dan tetap semangat! Live your dream and passion to the max!! ***

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Theragran-M.

Iklan

25 thoughts on “Tetap Aktif dan Sehat Selama Berpuasa Ramadhan Berkat Theragran-M

  1. nunoorange

    Waaaah..kegiatannya padat ya Mbak. Tapi emang bener, masalah saya selama puasa kali ini adalah terlalu sibuk di depan laptop. Bahkan semalem saya nggak tidur sampai menjelang sahur lho! Sehat terus ya Mbak.

    Balas
  2. Nissa AMS

    Sesibuk apapun kesehatan tetap harus dijaga ya mba din.. kalo sakit rencana yang uda dibuat suka jadi berantakan…

    Balas
  3. Pritahw

    ah, jadi kangen mbak temu2 dan ngobrol lagi di acara blogger 😦 Btw, aku ngikik loh baca mimpi kl tidur abis sahur πŸ˜€

    Semangat jaga kesehatan ditemenin th ragran!

    Balas
  4. witriprasetyoaji

    Aku Ramadhan kali ini malah gg ada yg ikut event, cuma ikut sekali doang..bukber gag pernah ikutan tapi aktivitas kantor padat banget

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s