Bikin Konten Video dan Foto a la Heret Frasthio & Jimmy Indra

Sebelumnya saya pernah menulis tentang membuat konten video dan foto sebagai elemen pendukung artikel di blog, karena menjadi blogger zaman sekarang tidak bisa mengandalkan konten tulisan saja. Kebetulan banget, hari Sabtu 14 Januari kemarin ada talkshow menarik tentang membuat konten video dan foto yang menghadirkan Heret Frasthio dan Jimmy Indra. Acara talkshow bertajuk How To Make Great Content on The Go! ini diselenggarakan di D’Labs by SMDV, Menteng, Jakarta.

Acara BlibliFriendsMeetUp menampilkan Heret Frasthio (sutradara & fotografer), Titra Saputra Salim (Seagate), Lani Rahayu (Communication Manager Blibli.com), Jimmy Indra (sutradara & fotografer), Timothy Oroh (MC). Foto: dokpri

Acara BlibliFriendsMeetUp menampilkan Heret Frasthio (sutradara & fotografer), Titra Saputra Salim (Seagate), Lani Rahayu (Communication Manager Blibli.com), Jimmy Indra (sutradara & fotografer), Timothy Oroh (MC). Foto: dokpri

Bagi yang belum tahu siapa Heret Frasthio dan Jimmy Indra (sebelumnya saya juga nggak tahu kalau tidak hadir di acara tersebut :D), keduanya ternyata adalah praktisi dunia advertising yang telah malang melintang selama 10 tahun membuat karya-karya visual. Hasilnya sering kita lihat di televisi, majalah, bahkan papan-papan billboard ibukota.

Heret Frasthio adalah seorang fotografer yang memulai karir profesional sejak tahun 2000 dan founder Edge Network, sebuah perusahaan periklanan yang membuat video iklan-iklan keren seperti Wrangler, ClubMed dan Sweet Escape Photography. Akun instagram yang berisi karya-karya kreatifnya dapat Anda kunjungi di @edge.network. Ia juga mempelajari ilmu fotografi dan periklanan melalui jenjang akademis di Fakultas Komunikasi Universitas Moestopo.

heret-frasthio-lumix-panasonic

Heret Frasthio untuk kamera Lumix dari Panasonic. (foto sumber: http://lumixindonesia.id/heret-frasthio/)

Berhubung Heret Frasthio sudah terjun ke dunia fotografi  sejak lebih dari sepuluh tahun yang lalu, maka ia paham benar dan mengalami transisi dunia periklanan dan fotografi sejak masih zaman konvensional alias menggunakan kamera segede gaban, hingga ke zaman digital yang serba praktis. Kalau pada masa konvensional, proses pembuatan sebuah iklan harus dijabarkan langkah demi langkah secara detail terutama kepada calon klien, dan  orang yang digunakan dalam iklan foto maupun video harus model profesional. Oleh karena itu, konten konvensional biasanya kaya akan konsep dan memerlukan waktu untuk mengkomunikasikannya kepada pihak-pihak yang terlibat dalam proses pembuatan, termasuk klien itu sendiri.

jimmy-indra-on-vimeo

Karya-karya Jimmy Indra bisa Anda kunjungi di Vimeo.com (foto sumber: https://vimeo.com/jimmyindra)

Kalau Jimmy Indra, dia ini sinematografer yang lebih suka dan piawai dengan konten organik. Yang dimaksud dengan konten organik adalah ide yang tertuang harus real dan orisinal, dan biasanya video atau foto yang dihasilkan lebih terasa soulful atau ‘bernyawa’. Selain bersifat orisinal, talent yang digunakan biasanya adalah insider. Insider itu maksudnya orang yang memang mengenal dengan baik produk yang diiklankan serta berkecimpung di dunia seputar produk tersebut. Jadi tidak harus selalu model. Saking kepinginnya membuat konten yang organik, Jimmy selalu siap dengan kamera HP dan laptop di lapangan. Pria kelahiran Batu, Malang ini memperdalam ilmu sinematografi dan fotografi di Pusat Perfilman Usmar Ismail.

Jimmy juga sering berkolaborasi dengan Heret melalui EDGE Network, dan sama-sama membuat video content bertemakan My Big Wish #GratisKelilingIndonesia secara eksklusif untuk Blibli.com. Hasil karya keduanya juga diputar sebelum acara talkshow bersama Blibli.com dimulai, yang terdiri dari tiga video content: Jelajah Pantai, Eksplor Pegunungan dan Berburu Kuliner. Video karya mereka juga bisa Anda saksikan di blog saya ini ;).

Pada saat yang bersamaan, Blibli.com juga mengumumkan peluncuran produk baru yang mendukung profesi semacam Jimmy dan Heret ini, terutama berkaitan dengan penyimpanan data dalam jumlah besar. Produk yang dimaksud adalah Seagate Backup Plus Portable 5 Terabyte (5 TB), yaitu external hard disk yang ringan dan dapat dibawa ke mana-mana (istilahnya portabel) dengan kapasitas penyimpanan sebesar 5TB. Kalau buat saya  kapasitas sebesar itu kayaknya nggak habis-habis ya, sampai bingung mau nyimpan data apalagi, ha ha ha… Tapi bisa jadi sih suatu saat saya akan membutuhkannya juga, berhubung sebagai blogger, penulis dan penerjemah pastinya akan menyimpan banyak data baik ketikan, musik maupun rekaman video.

Seagate Backup Plus Portable, hard disk eksternal dengan kapasitas 5 Terabyte! Bisa buat nyimpen data sebesar rumah kali ya :D (foto: dokpri)

Seagate Backup Plus Portable, hard disk eksternal dengan kapasitas 5 Terabyte! Bisa buat nyimpen data sebesar rumah kali ya 😀 (foto: dokpri)

Diklaim sebagai hard disk portabel dengan kapasitas penyimpanan terbesar di dunia, Seagate merupakan perusahaan penyimpanan data asal Amerika Serikat yang produknya banyak digunakan sebagai Game Drive untuk Xbox (Anda yang hobi main game mungkin lebih paham dari saya 😉 ). Seagate digawangi oleh Tirta Saputra Salim selaku Country Sales Manager Indonesia yang menjual hard disk portabel setipis 20,5 mm ini eksklusif di Blibli.com sebagai situs e-commerce nomor satu di Indonesia.

back-up-plus-portable-seagate

Bapak Tirta yang juga hadir dalam acara talkshow tersebut menyarankan agar hard disk berkapasitas besar ini disimpan di suhu <40 derajat Celcius kalau mau data di dalamnya tetap aman. Selain itu, produk-produk Seagate telah mendapat garansi selama tiga tahun jika terjadi kerusakan fisik (bukan kerusakan data). Bagaimana dengan datanya jika terjadi apa-apa? Nah, ada yang namanya Seagate Personal Cloud, yaitu fitur data back up yang dimiliki Seagate dan bisa diaktifkan secara otomatis. Yah, kira-kira semacam Google Drive lah, namun bedanya kalau Personal Cloud bisa diakses secara offline.

Kalau Anda sendiri, jika mendapat portable hard disk sebesar 5TB, kira-kira mau dipakai buat menyimpan apa aja ya? 😀  ***

Iklan

7 thoughts on “Bikin Konten Video dan Foto a la Heret Frasthio & Jimmy Indra

  1. Ping balik: Ramadhan Bersama Lazada: Peluncuran Seagate Hard Disk Drive Portable | "Rumah Corat-Coret" Punya Dina

  2. Ping balik: Tren Ruang Kerja a la Generasi Milenial di Coworking Space | "Rumah Corat-Coret" Punya Dina

  3. Ping balik: Perawatan Kulit Sehat dengan Pure Line Hijab Fresh | "Rumah Corat-Coret" Punya Dina

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s