The Professionals: Action Hiburan Bertabur Bintang

Jika Anda sedang butuh hiburan dengan para pemain berwajah rupawan dalam bungkusan film action beritme cepat dan iringan musik yang bersemangat, film The Professionals bisa menjadi salah satu pilihan tontonan akhir pekan. Meskipun inti cerita dari film ini adalah pembalasan dendam seorang mantan CEO perusahaan yang dijebloskan ke penjara oleh teman masa kecilnya sendiri, namun rasa dendam dan  intrik dalam dunia kerja yang ingin diangkat sepertinya tidak terlalu terwakilkan dalam film berdurasi 1,5 jam ini.

Para pemain film The Professionals bersama sang sutradara, Affandi Abdul Rachman, di acara konferensi pers film tersebut 30 November 2016, The Hook Senopati, Jakarta. (foto: dokpri)

Para pemain film The Professionals bersama sang sutradara, Affandi Abdul Rachman, di acara konferensi pers film tersebut 30 November 2016, The Hook Senopati, Jakarta. (foto: dokpri)

Adalah Abi (diperankan oleh Fachri Albar), yang menjadi CEO perusahaan PT Trimitra dan bernasib malang karena selain baru saja bercerai, ia kemudian ditangkap polisi akibat kasus penipuan saham sehingga dipenjara dan bangkrut. Teman masa kecilnya yang tega merampas saham miliknya, Reza (Arifin Putra), kemudian menjadi pimpinan baru perusahaan tersebut. Tanpa dijelaskan bagaimana ia bisa mencaplok saham perusahaan temannya, penonton hanya bisa mengetahui bahwa ia ternyata juga pernah mengorbankan teman-temannya yang lain untuk mencapai kesuksesan. Melalui penuturan singkat Abi, ia mengumpulkan teman-teman yang menjadi korban kejahatan profesional Reza, seperti Cokro (Lukman Sardi), Jo (Richard Kyle), Ferry (Cornelio Sunny) dan Sophie (Melayu Nicole), untuk berkomplot menjatuhkan satu orang Reza ini.

Walaupun film ini berusaha menampilkan sesuatu yang baru di Indonesia, yaitu genre action heist yang menuntut banyak adegan fisik tanpa terlalu terasa sadistis seperti The Raid, namun saya tidak merasakan efek luar biasa dengan rasa puas karena belajar sesuatu yang baru setelah menonton kecuali wajah-wajah rupawan yang menyegarkan mata. Misalnya saja,  Arifin Putra sudah cukup baik memerankan karakter culas dan licik, namun saya tidak merasakan kebengisannya serta kelihaiannya saat menjatuhkan teman-teman dan mencurangi rekan kerja, selain sebatas gertakan dan bentakan. Juga Fachri Albar yang dianggap sebagai mantan CEO sekaligus tokoh pemikir yang mengatur siasat pembalasan dendam tersebut, saya malahan melihatnya sebagai karakter rapuh yang galau dengan sorot mata selalu layu seakan-akan habis nge-drugs. (Maap ya, Fachri :D). Apalagi kesukaannya memain-mainkan Zippo, korek api mekanik, seakan-akan menggambarkan dia selalu bingung dan tidak pede. Tokoh Nicole yang diperankan Imelda Therinne juga tidak terlalu mengena bagaimana ia membantu siasat Abi secara diam-diam dari dalam perusahaan selama ia menjadi asisten Reza, kecuali pada saat ending saja yang sesuai ekspektasi penonton (ya nggak usah disebut deh daripada spoiler 😉 ).

Poster film The Professionals, rencananya akan rilis di seluruh bioskop Indonesia mulai 22 Desember 2016.

Poster film The Professionals, rencananya akan rilis di seluruh bioskop Indonesia mulai 22 Desember 2016.

Selain tokoh sentral, ada juga tokoh penting lainnya yang membantu pergerakan siasat Abi dari sisi teknologi seperti Cokro yang digambarkan ahli mekanik dan agak nerd, serta Ferry si tukang hacker. Namun saya sempat bingung ketika laptop Ferry ketumpahan kuah mie rebus mengapa setelah itu masih berfungsi dengan baik (walaupun sempat mati beberapa saat), padahal sepintas laptop yang dipakainya itu laptop jadul. Saya juga bingung kenapa kalau ahli digital atau hacker pasti dipilih pemain yang wajahnya rada-rada India, padahal Indonesia juga punya banyak hacker lokal yang asli bercitarasa lokal pula. Yang karakternya lumayan pas sih menurut saya Cokro, dimainkan dengan baik oleh Lukman Sardi, meskipun sayangnya juga tidak dijelaskan hubungannya dengan Abi dan Reza di masa lampau. Tidak ketinggalan pula tokoh Sophie yang mengingatkan saya pada karakter yang diperankan oleh Michelle Rodriguez di film bersekuel The Fast and Furious: jago nyetir mobil dan lihai beradu jotos.

Gala premier The Professionals di Plaza Senayan, 9 Desember 2016. (foto: dokpri)

Gala premier The Professionals di Plaza Senayan, 9 Desember 2016. (foto: dokpri)

Padahal, kalau mau digarap lebih serius lagi, terutama dari segi kematangan cerita, saya rasa bobot film ini tidak akan kalah dengan genre film-film action luar negeri a la Hollywood seperti Ocean’s Eleven atau Mission Impossible. Kalau memang dirasa untuk menggambarkan latar belakang masing-masing tokoh terlalu panjang, mengapa tidak dibuat bersekuel saja sehingga bisa membangkitkan rasa penasaran penonton untuk menontonnya lagi, seperti film The Raid atau Warkop Reborn DKI yang dibuat berseri. Kan ini juga bisa menjadi keuntungan tidak terduga buat MNC Pictures ;). Apalagi, sang sutradara, Affandi Abdul Rachman, ternyata pernah mendalami penyutradaraan dan sinematografi di Columbia College of Hollywood, dan mendapat gelar Magna Cum Laude pula! Pastinya ilmu yang didapat akan terus dikembangkannya dalam sepak terjang dunia penyutradaraan film tanah air, seperti film-film sebelumnya yang juga pernah merajai bioskop seperti Di Balik 98 dan Negeri 5 Menara.

Tapi, saya rasa penonton Indonesia akan cukup terpuaskan dengan menonton film yang diproduksi oleh MNC Pictures ini dan akan mulai tayang 22 Desember 2016. Apalagi kalau bukan karena wajah-wajah rupawan dalam balutan baju-baju elegan dan dandanan a la eksmud ibukota, serta setting gedung perkantoran mewah nan eksklusif yang menjadi impian kebanyakan orang. Selamat menonton! 🙂 ***

Iklan

6 thoughts on “The Professionals: Action Hiburan Bertabur Bintang

  1. Prita Hw

    aku penasaran sih sama film ini, tapi kemudian baca review ini. Oke mbak, bs jadi masukan. Tapi, honestly, aku ga terlalu suka ction, kecuali disitu ada quote2 yang keren di dialog skenarionya 🙂 TFS ya

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s