Tanggal 25 Waktunya Belanja Online!

Buat para pekerja kantoran, tanggal 25 biasanya menjadi tanggal yang paling ditunggu-tunggu. Ya apalagi kalau bukan tanggal gajian 😉 selain biasanya mulai tanggal tersebut sampai akhir bulan toko-toko serta mal-mal menggelar diskon gede-gedean. Apalagi, menjelang akhir tahun begini, beberapa toko dan mal sudah menyiapkan ancang-ancang untuk membanting harga produk-produknya sampai 90% dari harga normal! Menggiurkan banget, ya.

Daripada macet di jalan dan berdesakan di mal, mending ikutan Festival Belanja Online ;) (foto: dok.pri)

Daripada macet di jalan dan berdesakan di mal, mending ikutan Festival Belanja Online 😉 (foto: dok.pri)

Kebayang dong, saking banyaknya barang yang dibeli dan begitu banyaknya orang yang berbelanja produk-produk diskon, pusat-pusat perbelanjaan pasti penuh sesak, dan jalanan menjadi macet luar biasa. Berbagai barang dan produk sudah mengantri untuk diborong para calon pembeli, mulai baju, kosmetik, barang elektronik, sampai kebutuhan rumah tangga selama sebulan ke depan.

Nah, daripada bermacet-macet ria di jalan dan stress karena harus berjejalan dengan sesama tukang belanja, mendingan coba pantengin deh FestivalBelanjaOnline.com yang dimulai tanggal 25 dan berakhir tanggal 30 November 2016 besok. Festival belanja yang sudah dilaksanakan sejak tahun 2014 ini menghadirkan sekitar 75 merchants e-commerce yang menjual berbagai produk yang biasanya diincar para tukang belanja hingga barang-barang kebutuhan sehari-hari. Mulai dari barang-barang elektronik seperti laptop, HP, kamera; barang-barang fashion dari berbagai brand terkenal, alat-alat keperluan travelling, sampai dengan makanan dan minuman seperti yang biasa ditemukan di grocery store. Berbagai e-commerce yang berpartisipasi dalam Festival Belanja Online (disingkat FBO) tahun 2016 antara lain ada Lazada, Telunjuk.com, Blibli, Lakupon, Berrybenka, Elevenia, dan masih banyak lagi.

Ada sekitar 75 merchant e-commerce yang ikutan Festival Belanja Online 2016. (foto: dok.pri)

Ada sekitar 75 merchant e-commerce yang ikutan Festival Belanja Online 2016. (foto: dok.pri)

Selain itu, ada yang berbeda dari FBO 2016 dibandingkan festival belanja online tahun-tahun sebelumnya. Kali ini, siapa pun yang berbelanja di merchant-merchant e-commerce yang berpartisipasi di FBO 2016 juga berkesempatan untuk beramal secara online. Caranya, Anda tinggal mengklik banner donasi Kitabisa.com yang terdapat pada halaman muka website FBO 2016. Kitabisa.com merupakan situs penggalangan dana dari berbagai yayasan seperti Aksi Cepat Tanggap, Insan Bumi Mandiri, Rumah Zakat dengan mengusung konsep kotak amal online. Digagas oleh Alfatih Timur, sang co-founder Kitabisa.com, donasi dari hasil FBO 2016 ini rencananya akan digunakan untuk membeli perahu bagi seorang guru di sebuah sekolah di NTT. Untuk mencapai sekolah tempatnya mengajar, si bapak guru harus menyeberang ke Pulau Buaya dengan naik perahu nelayan dan berangkat jam 4 pagi dari tempat tinggalnya. Harga perahunya sendiri berkisar antara 85 hingga 95 juta Rupiah, dan sampai saat ini baru terkumpul sekitar 64% dari total dana yang dibutuhkan untuk membeli perahu tersebut.

Mas Alfatih (memegang mic) dari Kitabisa.com menjelaskan konsep kotak amal online. Para online shopper bisa berbelanja sekaligus beramal. (foto: dok.pri)

Mas Alfatih (memegang mic) dari Kitabisa.com menjelaskan konsep kotak amal online. Para online shopper bisa berbelanja sekaligus beramal. (foto: dok.pri)

Berhubung masih banyak yang mengkhawatirkan keamanan berbelanja secara online di internet, Muhammad Arif selaku Ketua Panitia FBO 2016 justru ingin mengedukasi masyarakat melalui acara tahunan ini bahwa belanja online itu aman, nyaman dan mudah. Terlebih lagi, saat ini sistem pembayaran online di situs-situs belanja, terutama di merchant-merchant e-commerce yang ikut serta dalam FBO 2016, sudah dijamin keamanannya melalui sistem payment gateway yang digawangi oleh MidTrans, sebuah perusahaan teknologi yang menyediakan layanan pembayaran online bagi setiap merchant yang berjualan di internet melalui situs e-commerce mereka.

para pembicara dalam acara konferensi pers FBO 2016: (ki-ka) Reza Zulhamsyah dari Digital Creative House, Alfatih Timur dari Kitabisa.com, Dira Hartono dari MidTrans dan Muhammad Arif selaku ketua panitia FBO 2016. (foto sumber: panitia FBO 2016)

para pembicara dalam acara konferensi pers FBO 2016: (ki-ka) Reza Zulhamsyah dari Digital Creative House, Alfatih Timur dari Kitabisa.com, Dira Hartono dari MidTrans dan Muhammad Arif selaku ketua panitia FBO 2016. (foto sumber: panitia FBO 2016)

Kata Mbak Dira Hartono, VP Community Management dari MidTrans, sistem pembayaran online di ke-75 merchant e-commerce yang ikut dalam FBO 2016 sudah dilengkapi dengan fitur fraud management yang dapat melacak kejanggalan pada setiap transaksi yang mencurigakan. Selain itu, data kartu kredit para pembeli yang tercatat dalam sistem tidak akan dibeberkan baik ke pihak toko online maupun ke pihak ketiga. Sertifikasi keamanan yang dimiliki MidTrans yang disebut PCI-DSS (Payment Card Industry Data Security Standard-yaitu standarisasi informasi keamanan pembayaran dengan kartu kredit) sudah diakui kecanggihannya di seluruh dunia. Dulunya MidTrans ini bernama Veritrans. Bagi para tukang belanja online, mungkin nama Veritrans sudah tidak terlalu asing setiap kali hendak melakukan transaksi pembayaran di internet dengan menggunakan kartu kredit.

MC Presscon FBO 2016 Rhesa dari Asmaraku.com dan Indah Rahmawati dari MUAHunter.com (foto: dokpri)

MC Presscon FBO 2016 Rhesa dari Asmaraku.com dan Indah Rahmawati dari MUAHunter.com (foto: dokpri)

FBO 2016 akan mengadakan diskon besar-besaran hingga 90% dari setiap e-commerce melalui program shopping marathon flash sale. Jadi, siap-siap buat pembaca yang sedang mengincar barang kesayangan, karena setiap satu jam sekali akan muncul lima produk banting harga antara 50% sampai dengan 90% dalam kuantitas terbatas dan kualitas barangnya tetap terjamin. Yang pasti, harga diskon tersebut tidak di-marked up sebelumnya loh seperti yang dikira banyak orang ;). Selain itu FBO 2016 juga ada program bagi-bagi voucher senilai Rp 100.000,- yang bisa dipakai di berbagai e-commerce yang berpartisipasi, dengan kode voucher FBOKUPON16.

Tampilan website Festival Belanja Online 2016 yang mobile friendly. (foto: dokpri)

Tampilan website Festival Belanja Online 2016 yang mobile friendly. (foto: dokpri)

Berhubung pengalaman festival belanja tahun-tahun kemarin kebanyakan transaksinya berasal dari HP alias ponsel, maka tampilan situs FBO 2016 dibuat mobile friendly. Berdasarkan pengalaman memantau situs-situs e-commerce, Mas Arif yang juga menjadi inisiator serta konseptor FBO mengemukakan bahwa tingkat pembelanjaan tertinggi biasanya terjadi setiap akhir tahun yaitu sekitar bulan November-Desember dan menjelang lebaran, dengan jumlah total transaksi mencapai 6 kali lipat dari hasil penjualan di hari normal.

Reza Zulhamsyah dari digital creative house yang mendisain dan mengembangkan situs-situs e-commerce juga turut hadir dalam acara konferensi pers FBO 2016 yang dilaksanakan hari Rabu tanggal 23 November kemarin di MidPlaza Intercontinental. Ia mengatakan bahwa faktor trust atau kepercayaan di dunia online sangat penting untuk membangun reputasi antara merchant dengan para klien. Jadi, profesi terkait internet, blogging, e-commerce dan sejenisnya saat ini bukan profesi main-main, loh! Begitu pula dengan FBO yang sudah dijalankan sejak dua tahun lalu, Mas Arif optimis bahwa dunia e-commerce masih dan akan terus berkembang karena  potensi penggunaan internet di Indonesia masih sangat besar untuk digali.

So, yuk siap-siap shopping marathon di Festival Belanja Online 2016! Jangan lupa kode voucher-nya ya FBOKUPON16 ;). ***

Iklan

4 thoughts on “Tanggal 25 Waktunya Belanja Online!

  1. Ping balik: Tren Digital dan Kemajuan Teknologi dalam Dunia Perbankan | "Rumah Corat-Coret" Punya Dina

  2. Ping balik: Diskon Gede di Promo Oktober Blibli Histeria Bikin Mulut Ternganga | "Rumah Corat-Coret" Punya Dina

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s