Alternatif Membaca Berita Tanpa Hoax

Di tengah derasnya berbagai arus informasi yang kita terima, kebanyakan dari kita suka nggak nyadar kalau berita yang kita baca itu kemungkinan besar bohong alias hoax. Apalagi di jaman teknologi informasi dengan banyaknya pilihan sumber informasi yang bisa kita peroleh, baik itu dari media-media besar yang sudah mapan maupun media baru yang tumbuh pesat dengan sekali klik melalui laman internet yang mereka miliki. Kalau sudah begitu, kita sebagai konsumen seringnya jadi bingung, berita dari media manakah yang sebaiknya saya baca? Sumber informasi dari media apakah yang bisa saya percayai kebenarannya? Masih mending ya kalau kita bersikap kritis seperti itu, biasanya justru tidak sedikit juga pembaca yang langsung percaya saja dan langsung men-‘share‘ informasi yang didapatkannya ke media sosial.

Bapak David Wayne Ika, CEO Kurio sedang memberikan penjelasan mengenai visi dan misi Kurio sebagai aplikasi penyedia informasi berita yang dapat dipercaya dan bukan hoax. (foto: dok.pri)

Bapak David Wayne Ika, CEO Kurio sedang memberikan penjelasan mengenai visi dan misi Kurio sebagai aplikasi penyedia informasi berita yang dapat dipercaya dan bukan hoax. (foto: dok.pri)

Melihat kenyataan ini, David Wayne Ika beserta tim Merah Putih Incubator, membuat sebuah aplikasi berbasis Android dan iOS yang berisi kumpulan berita yang diambil dari berbagai media besar di Indonesia. Kurio, nama aplikasi tersebut, diluncurkan pada bulan November 2013 dengan menggandeng beberapa penerbit besar seperti MetroTV News, IDN Times, Tribunnews, Liputan6.com, Beritagar, Intisari Online, Sajian Sedap, Good News From Indonesia. Aplikasi yang hingga saat ini telah diunduh oleh lebih dari 500 ribu pengguna membawa misi untuk menyebarluaskan berita-berita yang kredibel dan bukan sekadar untuk meraih rating atau klik terbanyak (disebut clickbait).

Fitur-Fitur pada Kurio

Tampilan Night Mode pada aplikasi Kurio. (foto: dok.pri)

Tampilan Night Mode pada aplikasi Kurio. (foto: dok.pri)

Secara fisik, aplikasi ini ‘hanya’ memakan kapasitas sebesar 45 Megabytes, dengan berbagai pilihan fitur yang memudahkan pengguna untuk membaca serta mengakses pilihan berita dengan nyaman. Misalkan fitur Night Mode yang dapat diakses pada profil Anda (jadi Anda harus membuat akun terlebih dahulu di Kurio), bila diaktifkan maka dapat mengurangi silau cahaya yang dipantulkan dari layar ponsel. Fitur ini cocok sekali buat Anda yang ingin membaca berita dalam perjalanan di malam hari menggunakan kendaraan umum seperti kereta, sehingga tidak perlu mengganggu kenyamanan penumpang lainnya.

Fitur show images dapat dinonaktifkan jika ingin menghemat data/pulsa handphone saat membaca berita di Kurio. (foto: dok.pri)

Fitur show images dapat dinonaktifkan jika ingin menghemat data/pulsa handphone saat membaca berita di Kurio. (foto: dok.pri)

Fitur lainnya yang menarik buat saya adalah pilihan untuk membaca berita dengan atau tanpa gambar foto. Jika Anda sedang mengakses ponsel dengan menggunakan data (dan bukan wifi), Anda dapat menghemat pulsa telepon dengan menonaktifkan fitur Show Images. Anda tetap dapat membaca berbagai pilihan berita yang ditampilkan di halaman muka tanpa harus kehilangan informasi asal berita tersebut, karena tepat di bawah setiap judul tertulis sumber beritanya.

Pengguna Kurio boleh pilih mau akses berita versi tulisan atau video. (foto: dok.pri)

Pengguna Kurio boleh pilih mau akses berita versi tulisan atau video. (foto: dok.pri)

Fitur selanjutnya yang juga tidak boleh dilewatkan adalah pilihan menyimak berita dalam bentuk tulisan atau video. Kalau Anda sedang malas membaca banyak-banyak tulisan, Anda cukup memilih “Video” untuk menonton berbagai berita dalam bentuk video, selayaknya menonton berita di televisi. Jangan kuatir, video-video yang ditampilkan berasal dari sumber portal berita terpercaya juga seperti Kompas TV, CNN Indonesia, atau kalau berita hiburan diambil dari Cumicumi.

Berbagai kategori berita di Kurio dapat dipilih sesuai selera. (foto: dok.pri)

Berbagai kategori berita di Kurio dapat dipilih sesuai selera. (foto: dok.pri)

Ada berbagai kategori berita yang dapat Anda akses di Kurio ini, dari sifatnya yang serius seperti News, Business, Religion & Spirituality, Technology, hingga yang ringan-ringan seperti Entertainment, Lifestyle, Life & Health. Kita juga dapat mengetahui berita terkini melalui fitur ‘Top Stories‘ pada halaman muka, atau berita-berita terhangat melalui fitur ‘Trending‘, juga di halaman muka. Semua berita yang ditampilkan berasal dari sumber berita atau media-media berbahasa Indonesia agar dapat memenuhi kebutuhan konsumsi berita dalam bentuk elektronik oleh masyarakat Indonesia sebagai pasar terbesar keempat pengguna ponsel.

Selain itu, Anda dapat tetap memantau berita-berita terkini dari penerbit atau portal berita kesayangan Anda melalui aplikasi ini tanpa harus berpindah ke browser atau ke aplikasi lainnya. Misalnya saya lebih suka membaca atau mengikuti berita-berita yang ditulis oleh MetroTV news, maka saya bisa memilih untuk mengikuti berbagai berita dari MetroTV news melalui tombol “Follow”. Sebelumnya, Anda masuk dulu ke halaman ‘Topics‘ (tanda ‘+’ dari halaman muka), maka nanti Anda akan menemukan “Source Recommendation” pada bagian paling atas yang berisi berbagai pilihan sumber berita.

Berita yang Anda baca atau saksikan juga dapat di-share ke media sosial, loh. (foto: dok.pri)

Berita yang Anda baca atau saksikan juga dapat di-share ke media sosial, loh. (foto: dok.pri)

Berita-berita yang Anda baca, atau video-video yang Anda saksikan dapat Anda share ke berbagai akun sosmed Anda seperti Facebook, Twitter, Google+. Jadi, menurut saya langkah seperti ini sangat tepat karena beritanya diambil dari sumber-sumber yang sudah terpercaya dan dapat dibagikan ke teman-teman atau kerabat.

Strategi Kurio

Bapak David pada awalnya menciptakan Kurio karena ia suka membaca dan perlu update informasi berita untuk keperluan pekerjaannya di dunia IT. Sasaran Kurio sewaktu pertama kali diluncurkan adalah para mahasiswa sehingga dipasarkan terlebih dahulu ke kampus-kampus, dengan anggapan mahasiswa diwajibkan untuk membaca berbagai sumber dalam waktu relatif singkat demi keperluan kuliah. Selain itu, mahasiswa dianggap sebagai motor penggerak industri teknologi di Indonesia.

Saat ini Kurio sedang mengembangkan aplikasi untuk tablet. Selain itu, Kurio berencana bekerjasama dengan beberapa komunitas yang memiliki visa sama, yaitu content sharing. Kurio diambil dari kata Curiosity yang bermakna rasa ketertarikan untuk membaca. Menurut sebuah sumber, rata-rata pengguna Kurio bertahan selama 10-12 menit menggunakan aplikasi tersebut (yang biasanya jarang-jarang sih sebuah aplikasi berita diakses dalam waktu sepanjang itu kecuali untuk main games, ha ha ha…), sehingga diharapkan ke depannya, sistem dan platform-nya dapat dikembangkan lagi secara komprehensif bagi para calon pengiklan dan penerbit. ***

Iklan

2 thoughts on “Alternatif Membaca Berita Tanpa Hoax

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s