Alternatif Pinjam Uang Tanpa Kredit Ke Bank

Kebutuhan mendadak akan tersedianya dana tunai memang tidak bisa kita duga kapan datangnya. Namanya juga mendadak. Kejadian yang dialami pun juga tidak bisa diperkirakan kapan munculnya. Misalkan saja ada anggota keluarga yang sakit dan diopname, atau saudara mengalami kecelakaan. Meskipun ada yang namanya asuransi, tidak semua orang punya fasilitas asuransi yang sama. Kebutuhan dana mendadak lainnya misalnya urunan membelikan kado dan kue ulang tahun teman sekantor, padahal belum gajian. Atau salah seorang pegawai kantor, seperti tukang kebun, satpam, office boy mengalami musibah.

Perlunya mempunyai dana darurat untuk berbagai keperluan mendadak, seperti biaya berobat, membelikan kado ulang tahun teman atau kolega, membantu keluarga yang mengalami musibah. (foto: uangteman.com)

Perlunya mempunyai dana darurat untuk berbagai keperluan mendadak, seperti biaya berobat, membelikan kado ulang tahun teman atau kolega, membantu keluarga yang mengalami musibah. (foto: uangteman.com)

Berbagai kejadian di atas menyiratkan perlunya mempunyai dana darurat. Tapi bagaimana kalau kita sama sekali sedang tidak punya uang untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan di atas? Sedangkan pengalaman meminjam uang di bank, bunganya tinggi sekali, belum lagi berbagai biaya yang ditimbulkan apabila terlambat membayar, biaya administrasi, biaya penalti, dan lain-lain. Selain itu, meminjam uang di bank tidak bisa dalam jumlah sedikit dan jangka waktu sebentar. Setidaknya diperlukan waktu minimal 24 bulan untuk mencicil sebagai syarat pembayaran. Jika ingin melunasi sebelum waktunya malah dikenakan biaya lagi. Menyebalkan, bukan?

Kredit Mikro a la Uang Teman

Alternatif pinjaman uang tunai tanpa agunan dengan jumlah kecil dan waktu pengembalian dalam periode singkat. (foto: kompasiana.com)

Alternatif pinjaman uang tunai tanpa agunan dengan jumlah kecil dan waktu pengembalian dalam periode singkat. (foto: kompasiana.com)

Saya baru tahu bahwa ada layanan baru pinjaman tanpa agunan yang bukan berasal dari bank. Tetapi jangan dikira pinjaman tanpa agunan yang dimaksud berasal dari individu semacam rentenir, lintah darat, atau apalah itu namanya. Layanan pinjaman tanpa agunan yang satu ini diberikan oleh sebuah perusahaan online start up asli Indonesia yang mengkhususkan pada layanan kredit mikro. Jadi, uang pinjaman ini bukan diberikan melalui bank seperti yang biasanya kita ketahui, melainkan melalui perusahaan digital PT Digital Alpha Indonesia. Nama aplikasi start up yang diluncurkannya adalah UangTeman.

Disebut kredit mikro karena jumlah pinjaman yang diberikan UangTeman maksimal Rp 2 juta saja untuk jangka waktu singkat maksimal 1 bulan. Bagi saya, pinjaman dengan jumlah kecil untuk periode singkat ini lebih baik ketimbang meminjam dalam jumlah belasan bahkan puluhan juta tetapi cicilan pengembaliannya malah bikin pusing kepala. Seperti saya bilang di atas, cicilan pinjaman dari bank biasanya harus dilakukan dalam jangka waktu panjang (antara 12, 24 hingga 36 bulan; alias satu hingga tiga tahun! Tidak bisa kurang!) dengan bunga mencekik. Bayangkan dalam waktu 1 sampai dengan 3 tahun itu, apakah kita akan selalu memiliki uang cukup untuk membayar cicilannya? Anda yakin akan selalu bekerja dengan penghasilan tetap, tidak mengalami musibah (amit-amit) misalkan sakit atau kecelakaan yang membuat Anda tidak produktif untuk sementara waktu sehingga tidak punya penghasilan dan menguras tabungan Anda?

Kemudahan Meminjam Uang di UangTeman

Proses pinjaman uang tanpa agunan melalui UangTeman sangat mudah dan cepat. (foto: UangTeman.com)

Proses pinjaman uang tanpa agunan melalui UangTeman sangat mudah dan cepat. (foto: UangTeman.com)

UangTeman memberikan pinjaman mulai dari minimal Rp 1 juta, dan maksimal Rp 2 juta, untuk jangka waktu pengembalian antara 10 hari hingga maksimal 30 hari. Pengembaliannya pun bukan dalam bentuk cicilan, melainkan dibayar lunas satu kali saja pada tanggal jatuh tempo yang dipilih nasabah, ditambah kewajiban biaya layanan dan bunga sebesar 1% perhari. Dan besarnya uang pinjaman yang harus dikembalikan langsung terlihat pada saat kita melakukan simulasi peminjaman di website atau mobile apps UangTeman. Contohnya seperti bagan di bawah ini:

Simulasi pinjaman dengan jumlah uang Rp 1.800.000,-

Jangka waktu pengembalian 20 hari

Mulai tanggal meminjam 17 Oktober 2016

Maka jumlah uang dikembalikan adalah:

Jumlah Pinjaman                                                  Rp 1.800.000,-

Biaya Layanan                     Rp 1.800.000,- x ((1+1%)20) =   Rp   396.342,-

-------------------------------------------------------------------------------------- +

Total uang yang dikembalikan pada tanggal 4 November 2016       = Rp 2.196.342,-
Simulasi pinjaman melalui UangTeman, dapat dilihat langsung berapa jumlah biaya dan bunga, serta total uang yang harus dikembalikan. (foto: uangteman.com)

Simulasi pinjaman melalui UangTeman, dapat dilihat langsung berapa jumlah biaya dan bunga, serta total uang yang harus dikembalikan. (foto: uangteman.com)

Persyaratan dan Cara Meminjam Uang di UangTeman

Lalu bagaimana prosedurnya kalau kita mau pinjam uang melalui aplikasi UangTeman ini?Anda cukup mengisi data pada formulir daring (online) yang dapat diakses di www.uangteman.com, atau melalui mobile apps UangTeman. Iya loh, Uang Teman juga punya versi aplikasi online yang dapat diunduh melalui Google Play di ponsel Android atau iPhone. Cara pengisiannya pun mudah selayaknya mengisi data untuk melakukan pinjaman melalui bank, yaitu data pribadi, data keluarga terdekat, nomor KTP, nomor telepon yang dapat dihubungi, slip gaji dan rekening tabungan untuk pencairan dana. Perbedaannya dengan pinjaman pada bank, UangTeman tidak memerlukan data kartu kredit nasabah. Simulasi jumlah pinjaman yang kita mau juga dapat dilakukan melalui aplikasi tersebut. Canggih, ya?

Pinjaman tunai tanpa agunan melalui UangTeman dapat juga diakses melalui aplikasi ponsel berbasis Android atau iPhone. (foto: uangteman.com)

Pinjaman tunai tanpa agunan melalui UangTeman dapat juga diakses melalui aplikasi ponsel berbasis Android atau iPhone. (foto: uangteman.com)

Bagaimana dengan syarat meminjam uang di UangTeman? Seperti yang sudah saya singgung pada paragraf sebelumnya, berhubung harus menyertakan slip gaji, maka siapa pun Anda yang melakukan pinjaman uang melalui UangTeman sebaiknya telah bekerja dan berpenghasilan tetap.

Ada beberapa syarat lainnya lagi yang harus dipenuhi saat kita memutuskan untuk meminjam uang di UangTeman:

* Warga Negara Indonesia
* Berdomisili di Jabodetabek, Yogyakarta, Solo, Magelang dan Klaten
* Berusia 21 s/d 65 tahun
* Memiliki penghasilan minimum Rp.2.300.000,- untuk Jabodetabek & Rp.2.000.000,- 
  untuk Yogyakarta, Solo, Magelang & Klaten
* Menyampaikan dokumen KTP, slip gaji/bukti penghasilan dan foto pribadi
* Memiliki rekening tabungan atas nama nasabah
* Telah memiliki email, sebelum mendaftar

Siapa Itu Uang Teman?

Kalau teman-teman pernah mendengar toko online seperti Tokopedia dan Traveloka, nah dua perusahaan online berbasis start up ini termasuk beberapa mitra bisnis Alpha JWC Ventures, sebuah perusahaan pemodal yang turut mendukung operasional keuangan UangTeman. Perusahaan pemodal ini memang berfokus pada perusahaan-perusahaan start up berbasis teknologi dan telah menyuntikkan dana ke sekitar 40 perusahaan potensial di Indonesia.

CEO Uang Teman, Bapak Aidil Zulkifli, ternyata masih muda ya :D. (foto: digitalnewsasia.com)

CEO Uang Teman, Bapak Aidil Zulkifli, ternyata masih muda ya :D. (foto: digitalnewsasia.com)

UangTeman telah diluncurkan ke Indonesia sejak tanggal 9 Juli 2015 oleh sang CEO, Bapak Aidil Zulkifli, seorang ahli informatika dari Singapura. Aidil yang fasih berbahasa Inggris maupun Melayu ini mengamati fakta bahwa masih banyak penduduk Indonesia yang memiliki penghasilan hanya Rp 60.000,-/hari (atau sekitar Rp 2.000.000 hingga Rp 5.000.000,- per bulan) susah mendapatkan fasilitas kredit dari bank, padahal jumlah uang yang ingin dipinjam tidak banyak-banyak juga. Biasanya untuk keperluan berobat atau modal usaha kecil seperti membuka warung. Kalau tahu ada UangTeman ini sejak dulu, saya juga tidak perlu repot-repot pinjam uang ke bank, deh, karena suwer… cicilan pembayarannya bikin saya kerepotan dan sakit kepala!

Bapak Aidil juga menyadari bahwa masih banyak masyarakat Indonesia yang belum “financially educated“, maksudnya tidak paham bagaimana cara mengelola uang dengan baik. Selain itu berbagai jenis pinjaman yang ditawarkan masih bersifat konvensional, offline, padahal masyarakat Indonesia sedang memasuki era teknologi digital yang terus berkembang, yang disebutnya fintech (financial and technology) era. Nah, melihat celah inilah Bapak Aidil menyasari masyarakat Indonesia kelas ekonomi menengah-bawah yang membutuhkan pinjaman uang namun penghasilan terbatas, dan melek teknologi. Setidaknya mengerti cara menggunakan smartphone, atau komputer dan internet. Berikut petikan wawancaranya:

Keuntungan Meminjam Uang di UangTeman

Ada yang mengatakan bahwa bunga yang dibebankan UangTeman ini lumayan besar, yaitu 1% per hari. Tapi, pada kenyataannya, peminat kredit mikro (pinjaman dalam jumlah kecil) ini cukup banyak, bahkan menurut sumber yang saya baca bisa mencapai ribuan klik dari netizen setiap harinya di website UangTeman.

Keuntungan meminjam uang di UangTeman, tidak perlu pakai jaminan kartu kredit. (foto ilustrasi: uangteman.com)

Keuntungan meminjam uang di UangTeman, tidak perlu pakai jaminan kartu kredit. (foto ilustrasi: uangteman.com)

Kalau menurut saya pribadi sih, jumlah bunga ini tidak seberapa dibandingkan bunga pinjaman dari bank yang mencapai 12%! Ada juga yang namanya bunga tetap (fixed rate), belum pula dihitung dengan biaya provisi (biaya balas jasa ke bank atas disetujuinya pinjaman), biaya di muka sebesar 1,5 sampai dengan 5%, biaya materai, dan biaya penalti sebear 5 hingga 6% kalau ingin melunasi lebih cepat. Huh, pusiiiing, kaan… . Memang tolol sekali saya dulu itu nggak mempertimbangkan baik-baik sebelum melakukan pinjaman ke bank 😦 .

Selain itu, ada keuntungan yang bisa kita dapatkan dari UangTeman jika kita dapat mengembalikan uang pinjaman tepat waktu. Keuntungannya sih kalau kita ingin pinjam uang lagi melalui UangTeman, biaya layanannya akan diturunkan. Lalu, UangTeman hanya akan memberikan pinjaman kepada para calon nasabah yang memang dirasa mampu untuk mengembalikan uang pinjaman melalui sistem algoritma khusus dari kecanggihan teknologi informasi yang disebut Smart Data, karena tanggung jawab sosial yang diemban perusahaan ini agar nasabah tidak terjerat hutang yang tidak perlu.

Bagaimana jika kita terlambat mengembalikan uang pinjaman ke UangTeman? Ada biaya-biaya yang dibebankan kepada nasabah di luar jumlah uang yang dipinjam, dengan uraian di bawah ini:

Biaya perpanjangan/keterlambatan       Rp 150.000,-

Biaya pembayaran terlambat             Rp  50.000,- + denda Rp 10.000,-/hari

Biaya penagih hutang                   10% dari total pembayaran

Hhm… banyak juga ya denda-dendanya. Maka itu, lebih baik dipikirkan baik-baik terlebih dahulu sebelum memutuskan pinjam uang, karena beban biaya-biaya ini tidak sedikit, loh, bisa untuk ongkos naik gojek atau beli nasi padang di warung sebelah ;). Apalagi kalau pinjam uang di bank… Ah, pokoknya nyesel, deh.

Denda-denda yang harus dibayarkan nasabah jika terlambat membayar uang pinjaman ke UangTeman. (foto: cdns.klimg.com)

Denda-denda yang harus dibayarkan nasabah jika terlambat membayar uang pinjaman ke UangTeman. (foto: cdns.klimg.com)

Oya, untuk nambah-nambah tabungan, Anda juga bisa loh menawarkan program pinjaman dari UangTeman ini ke kerabat, kolega, keluarga dan sekaligus mendapatkan komisi melalui program afiliasi. Ada komisi awal sebesar Rp 50.000,- jika Anda mendaftar di program afiliasi tersebut, dan tambahan komisi jika ada calon nasabah yang mengajukan pinjaman melalui UangTeman dan permohonannya disetujui, serta tambahan komisi lagi jika nasabah tersebut berhasil mengembalikan uang pinjaman tepat waktu. Info lengkapnya bisa Anda baca di sini ya: Program Afiliasi Uang Teman.

langkah-langkah mendaftar program afiliasi dari UangTeman, lumayan buat nambah-nambah tabungan ;). (foto: uangteman.com)

langkah-langkah mendaftar program afiliasi dari UangTeman, lumayan buat nambah-nambah tabungan ;). (foto: uangteman.com)

Jadi, sekali lagi, sebelum melakukan pinjaman uang (alias hutang, kredit, apa pun namanya itu) saran saya baca baik-baik persyaratannya terlebih dahulu, bunga-bunga yang dibebankan abanner uang temankan memberatkan atau tidak, program cicilan pengembalian apakah sesuai dengan kondisi keuangan Anda, dan sebagainya. Pengalaman meminjam uang, lebih enak kalau pinjamannya dalam jumlah kecil saja dan jangka waktu sedikit, supaya mengembalikannya juga tidak pusing. Kalau saja ada UangTeman dari dulu… ***

Ini adalah curhatan finansial #TemanNgeblog dan Solusi Yang Bikin #UrusanBeres

Iklan

9 thoughts on “Alternatif Pinjam Uang Tanpa Kredit Ke Bank

  1. Ping balik: Alternatif Pinjam Uang Tanpa Perlu Kredit Ke Bank

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s