Wujudkan Impian Melalui Berinvestasi Dengan Mudah Bagi Orang Awam

Menginjak usia pertengahan kepala tiga, sudah dapat dipastikan kebutuhan akan semakin banyak. Baik bagi yang single, apalagi yang sudah menikah dan mempunyai anak. Di sini saya berbicara khususnya mewakili kaum wanita, karena memang biasanya wanita itu apa-apa serba dipikir dan kesannya jadi repot, ha ha… Bagi wanita single seperti saya, meskipun belum menikah apalagi belum punya anak, berbagai hal sudah dipikirkan dan dirancang untuk menunjang masa tua dan pensiun dengan tenang, terutama dari segi ekonomi. Inginnya sih bisa menabung mulai dari sekarang yang katanya usia paling tepat untuk mulai menabung, lalu bisa menuai hasilnya di masa tua, buat beli rumah, buat liburan, buat jalan-jalan, tapi yang nggak bikin repot dan hasil tabungannya lumayan supaya tua tinggal ongkang-ongkang kaki :D. Banyak maunya ya…

impian setiap orang, termasuk para wanita, di hari tua: rumah, kendaraan, bisa liburan atau jalan-jalan bareng keluarga. (foto ilustrasi: desaindenahrumah.com)

impian setiap orang, termasuk para wanita, di hari tua: rumah, kendaraan, bisa liburan atau jalan-jalan bareng keluarga. (foto ilustrasi: desaindenahrumah.com)

Tapi, begitulah. Makin beranjak usia makin banyak yang dipikirkan dan dikerjakan, terutama pada saat usia produktif. Dalam hal menabung, saya nggak mau mikir yang ribet-ribet lagi karena inginnya sudah ada sistem otomatis yang mengerjakannya. Dan pilihan itu jatuh kepada investasi. Kan, ‘katanya’ manfaat berinvestasi jauh lebih besar daripada menabung, selain hasil yang didapat lebih banyak, ‘katanya’ kita juga ikut membantu perekonomian negara. Loh, apa hubungannya investasi dengan membantu perekonomian negara?

Berinvestasi Online di Reksadana

Jadi nih, menurut apa yang saya pahami sebagai orang awam, berinvestasi itu berarti mengeluarkan uang untuk dikelola di pasar saham. Jika kegiatan di pasar saham selalu ‘ramai’ atau dengan kata lain selalu bergerak nilai indeksnya, maka kegiatan perekonomian negara tersebut bisa dikatakan aktif.  Tapi, saya buta banget soal saham, apalagi tentang bagaimana memantau pergerakannya, apakah dana saya aman dan menguntungkan atau malah merugi, lalu siapa orang atau pihak yang bisa dipercaya untuk menggenggam uang saya di pasar saham, dan sebagainya.

Jika kegiatan di pasar saham selalu 'ramai' atau dengan kata lain selalu bergerak nilai indeksnya, maka kegiatan perekonomian negara tersebut bisa dikatakan aktif. (foto ilustrasi: wikipedia.org)

Jika kegiatan di pasar saham selalu ‘ramai’ atau dengan kata lain selalu bergerak nilai indeksnya, maka kegiatan perekonomian negara tersebut bisa dikatakan aktif. (foto ilustrasi: wikipedia.org)

Oleh karena itu, ada yang namanya reksadana. Reksadana ini semacam wadah bagi orang-orang awam seperti saya yang ingin menginvestasikan uangnya di pasar saham (disebut investor), diwakili oleh sebuah institusi berisi sekumpulan profesional dengan kualifikasi di bidang financial planning & management, dan telah mendapat lisensi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).  Institusi ini disebut Manajer Investasi.

Berinvestasi di pasar saham melalui Reksadana. (foto ilustrasi: reksadanaku.com)

Berinvestasi di pasar saham melalui Reksadana. (foto ilustrasi: reksadanaku.com)

Dengan kemudahan teknologi di zaman yang serba gadget, kini para investor pemula seperti saya dapat memilih untuk investasi online di reksadana online. Manfaatnya berinvestasi di reksadana online pastinya karena informasi mengenai dana yang kita investasikan dapat diakses di mana saja dan kapan saja, tanpa harus pergi ke pasar saham. Cukup dengan mengakses  reksadana online melalui berbagai medium gadget seperti komputer atau ponsel, bahkan bisa mengunduh aplikasinya melalui ponsel pintar (smartphone) berbasis Android, Blackberry, maupun iPhone. Jadi, selain digunakan untuk bermedsos ria, ponsel pintar yang teman-teman punya, juga yang saya miliki, sekarang bisa dimanfaatkan untuk kegiatan lainnya yang berguna untuk jangka panjang, kan ;).

Poems Profunds: Berinvestasi Reksadana Secara Online

Nah, lalu bagaimana caranya membeli produk reksadana online? Teman-teman bisa mengakses Poems Profunds (www.poems.co.id/reksadanaku), yaitu sebuah online electronic platform pasar saham yang dikelola oleh Phillip Capital, salah satu pialang ritel saham punya Singapura, yang dipercaya untuk beroperasi di Indonesia di bawah nama Phillip Securities Indonesia. Jadi, melalui Poems Profunds ini, para investor bisa membeli beberapa produk reksadana dari berbagai Manajer Investasi melalui satu akun saja. Yah, sederhananya seolah-olah sedang borong baju berbagai merk dalam sebuah toko online di internet.

POEMS Profunds: sebuah platform online pasar saham yang menyediakan berbagai produk investasi reksadana dari berbagai Manajemen Investasi. (foto ilustrasi: www.poems.co.id)

POEMS Profunds: sebuah platform online pasar saham yang menyediakan berbagai produk investasi reksadana dari berbagai Manajemen Investasi. (foto ilustrasi: http://www.poems.co.id)

 

Salah satu reksadana online yang ada di Indonesia saat ini disediakan oleh PT Manulife Asset Management Indonesia (disingkat PT MAMI, supaya mudah diingat). Jika selama ini teman-teman hanya mengetahui Manulife sebagai perusahaan yang menyediakan produk asuransi, ternyata Manulife juga menawarkan jasa manajemen aset, loh, dan itu tidak hanya di Indonesia. Manulife sebenarnya merupakan perusahaan penyedia jasa layanan keuangan yang berpusat di Kanada, lalu menyebar ke Asia termasuk Indonesia. Kalau di Amerika Serikat sih lebih dikenal dengan nama John Hancock (kayak judul film, ya? :D).  Di Indonesia, PT MAMI merupakan Manajer Investasi yang menyediakan sekitar 20 jenis produk reksa dana, yang dikelola oleh para profesional keuangan yang sudah berpengalaman selama 12 tahun. Jadi, teman-teman yang ingin menjadi nasabah MAMI, termasuk saya, akan merasa aman untuk menginvestasikan uangnya di sini, apalagi lembaga ini sudah terdaftar dan diawasi OJK. Jika teman-teman investor pemula ingin membeli produk reksadana PT MAMI di Poems Profunds, tersedia produk Manulife Dana Kas II yang berisiko rendah dan setorannya ringan, yaitu Rp 100.000,- saja. Tetapi memang hasil investasinya tidak terlalu besar, dalam waktu 1 tahun nilai return-nya hanya 6,60%. Kalau mau berani sedikit alias berisiko medium low, ada produk Manulife Obligasi Unggulan yang dalam 1 tahun mencapai nilai return sebesar 20,64%.

Salah satu produk Manulife Asset Management Indonesia yang terdapat di POEMS Profunds. (foto sumber: poems.co.id)

Salah satu produk reksadana Manulife Asset Management Indonesia yang terdapat di POEMS Profunds yang mempunyai risiko rendah, cocok untuk investor pemula. (foto sumber: poems.co.id)

Ilustrasi kebutuhan dana hari tua oleh PT Manulife Asset Management Indonesia. Besar juga yaa kebutuhannya... (foto sumber: www.reksadana-manulife.com)

Ilustrasi kebutuhan dana hari tua oleh PT Manulife Asset Management Indonesia. Besar juga yaa kebutuhannya… (foto sumber: http://www.reksadana-manulife.com)

Apa sih keuntungannya membeli produk investasi reksadana melalui online platform seperti Poems Profunds, selain bisa memilih beberapa produk sekaligus dari berbagai Manajer Investasi dalam satu akun? Pertama, investor tidak perlu repot-repot membuka berbagai rekening bank untuk menyetor dana yang akan diinvestasikan, tetapi cukup melalui satu rekening yang disebut Rekening Dana Investor (disingkat RDI).  Kedua, investor awam seperti saya juga mendapatkan edukasi mengenai pasar saham melalui fitur Phillip Morning Market Call. Namanya saja morning call, jadi layanan edukasi pasar saham ini akan diberikan setiap jam 8.30 hingga 8.50 pagi (ya, cukup sepuluh menit!) dalam bentuk online seminar, disebut webinar, yang dipandu oleh tim analis. Informasi yang diberikan dalam webinar ini antara lain seputar kondisi pasar saham saat itu. Jadi, bangun pagi sekarang ada manfaatnya juga, ha ha… Selain itu, nasabah atau investor dapat berinteraksi dengan mereka juga loh melalui seminar ini. Yang menarik kalau ada pembicara tamu dari Bursa Efek seperti Lo Kheng Hong, waah… asik banget, tuh!

Lo Kheng Hong, investor value asal Indonesia yang mempunyai aset saham sebesar Rp 2,5 triliun pada tahun 2012. (foto dan data sumber: wikipedia.org)

Lo Kheng Hong, investor value asal Indonesia yang mempunyai aset saham sebesar Rp 2,5 triliun pada tahun 2012. (foto dan data sumber: wikipedia.org)

Baca Dulu Prospektus Sebelum Berinvestasi

Oya, tadi saya sempat menyinggung-nyinggung sedikit soal risiko. Memangnya, seberapa besar sih risiko yang kita dapatkan kalau berinvestasi di pasar saham?  Apakah jika Manajer Investasi mengalami kebangkrutan, dana kita akan habis total? Namanya berinvestasi, seperti halnya berbelanja barang, pasti risiko yang kita alami selalu ada, ‘kan. Misalnya saja, saat kita membeli baju, ada risiko benangnya kusut, atau kainnya mudah robek saat disetrika, atau kancingnya copot baru dipakai 3 kali. Begitu juga dengan berinvestasi, ada risiko likuiditas atau sulit mencairkan dana saat menjual saham, risiko turunnya harga efek jika terjadi kekisruhan politik, dan risiko wanprestasi atau kelalaian Manajer Investasi. Makanya, saran saya sebelum membeli sebuah produk reksadana, dibaca baik-baik dulu profil produknya (bisa diklik di “Product Profile“) yang di dalamnya terdapat penjelasan mengenai tujuan investasi (Investment Objective), rating; profil risiko (diklik “Risk Profile“); atau penjelasan detail mengenai klasifikasi risiko dan statistiknya pada Prospectus & Factsheet.  Kalau masih bingung juga, ya jangan sungkan untuk menghubungi langsung pihak Customer Care Phillip Securities di (021) 57 900 900 atau customercare@phillip.co.id

Sebelum membeli sebuah produk reksadana, kenali dulu product profile-nya! (foto sumber: poems.co.id)

Sebelum membeli sebuah produk reksadana, kenali dulu product profile-nya! (foto sumber: poems.co.id)

So, impian saya untuk jalan-jalan dan liburan sambil berinvestasi bisa lebih cepat terwujud dengan adanya Poems Profunds ini, karena bisa dilakukan kapan saja, di mana saja asalkan punya gadget yang bisa mengunduh aplikasinya dengan setoran hanya Rp 100.000,-. Inginnya sih, dalam sepuluh tahun ke depan sudah bisa beli satu unit hunian apartemen atau rumah secara kontan dari hasil investasi, ketimbang mencicil yang bikin pusing, aamiin. Semoga saja, ya…!

tulisan ini dibuat untuk mengikuti lomba "Wujudkan Impianmu" dari Philip Securities Indonesia. (foto sumber: https://www.poems.co.id/events/Phillipblogcompetition/)

tulisan ini dibuat untuk mengikuti lomba “Wujudkan Impianmu” dari Phillip Securities Indonesia. (foto sumber: https://www.poems.co.id/events/Phillipblogcompetition/)

Iklan

5 thoughts on “Wujudkan Impian Melalui Berinvestasi Dengan Mudah Bagi Orang Awam

  1. Ping balik: Berinvestasi Reksadana untuk Capai Tujuan Finansial | "Rumah Corat-Coret" Punya Dina

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s