Berasuransi dan Syar’i!

Berbicara (lagi) tentang asuransi, saya sudah cukup lama menjadi nasabah pemegang polis asuransi kesehatan dari AIA, tepatnya sejak bulan September 2011. Namun, sebenarnya saya mengenal nama AIA sudah jauh lebih lama ketika sering diajak orangtua bepergian keluar negeri sewaktu kecil. Berhubung bepergian ke negara-negara yang memerlukan visa juga mensyaratkan adanya asuransi perjalanan, maka setiap kali mengurus visa, ibu saya biasanya menyertakan asuransi perjalanan dari AIA.

Bapak Frizt Ananda (berdiri) selaku Marketing Business Partner Manager AIA Financial memberikan penjelasan tentang AIA Sakinah Assurance dalam acara talkshow "Blogging & Beyond Valuklik" (ki-ka: Shintaries-Blogger Perempuan, Alfred Lucky Chandra-Valuklik, mba MC)

Bapak Frizt Ananda (berdiri) selaku Marketing Business Partner Manager AIA Financial memberikan penjelasan tentang AIA Sakinah Assurance dalam acara talkshow “Blogging & Beyond Valuklik” (ki-ka: Shintaries-Blogger Perempuan, Alfred Lucky Chandra-Valuklik, mba MC). Foto: dok.pribadi

Jadi, AIA sebenarnya sudah tidak terlalu asing bagi saya. Namun, mempunyai asuransi kesehatan untuk pertama kalinya tanpa campur tangan orangtua, ya asuransi dari AIA. Kolega dari kantor lama saya yang juga kebetulan merangkap sebagai agent AIA lah yang menawarkan paket asuransi Hospital & Surgical Plus kepada saya. Melalui paket Hospital & Surgical Plus AIA ini, saya mendapat perlindungan menyeluruh ketika saya diharuskan untuk rawat inap di rumah sakit karena sakit, operasi atau kecelakaan. Menyeluruh artinya, proteksi yang saya dapatkan tidak hanya untuk biaya rawat inap, tetapi juga untuk biaya-biaya lainnya yang terkait dengan perawatan di rumah sakit, seperti obat-obatan, biaya dokter, biaya operasi, biaya UGD, biaya ICU, biaya alat-alat kesehatan, pokoknya semua, deh. Jadi, ketika saya didiagnosa suatu penyakit oleh dokter dan disarankan untuk opname, saya tidak perlu membayar DP yang memberatkan lagi (biasanya di kisaran Rp 1 juta ke atas), karena tinggal gesek kartu asuransi AIA saja. Artinya, kartu asuransi AIA yang saya punya ini sifatnya cashless, tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun di awal.

Selain memberikan proteksi untuk kesehatan dan kecelakaan, paket Hospital & Surgical Plus AIA yang saya punya juga berfungsi sebagai asuransi jiwa. Maksudnya, AIA memberikan perlindungan jiwa kepada pemegang polis jika terjadi kematian dan manfaat yaitu berupa uang ‘tabungan’ yang dikumpulkan dari pembayaran premi bulanan, akan diberikan kepada ahli warisnya.

Menjadi nasabah pemegang polis AIA : banyak manfaatnya!

Menjadi nasabah pemegang polis AIA : banyak manfaatnya!

Enaknya punya asuransi AIA, dari pengalaman yang saya rasakan selama ini adalah kemudahan pembayaran premi dalam berbagai bentuk, yaitu transfer via bank, atau debit otomatis ke rekening tabungan, bisa juga debit otomatis ke rekening kartu kredit. Selain itu, jaringan rumah sakit yang menerima pembayaran cashless dari AIA juga sudah banyak. Keuntungan lainnya saya bisa cuti premi setelah rutin melakukan pembayaran premi selama empat tahun berturut-turut, dan selama masa cuti itu saya masih dapat menggunakan kartu asuransi saya asalkan nilainya masih mencukupi.

Asuransi Hospital & Surgical Plus AIA yang saya miliki ini juga dilengkapi dengan fitur Unit Link. Seperti yang pernah saya bahas di tulisan : Unit Link Sebagai Tabungan Investasi Masa Depan, fungsi dari Unit Link adalah pemegang polis juga mendapat manfaat investasi. Sederhananya, saya membayar premi setiap bulan, nah sebagian dari uang premi itu akan dititipkan oleh perusahaan asuransi ke pasar saham untuk dikelola dalam bentuk investasi, dan hasil investasinya akan diberikan kepada pemegang polis. Biasanya, saya menerima laporan investasi ini dalam bentuk surat yang dikirim setiap bulan oleh AIA.

AIA masih punya berbagai produk asuransi lain yang disesuaikan dengan kebutuhan para nasabahnya, baik itu untuk perorangan maupun untuk perusahaan, Produk asuransi kesehatan lainnya dari AIA yang paling anyar adalah Asuransi AIA Sakinah Assurance.

Produk AIA Sakinah Assurance dari AIA Financial: berdasarkan prinsip asuransi syari'ah.

Produk AIA Sakinah Assurance dari AIA Financial: berdasarkan prinsip asuransi syari’ah.

Layaknya produk perbankan syari’ah, Asuransi AIA Sakinah Assurance merupakan produk asuransi yang dikelola berdasarkan prinsip syari’ah. Jadi, premi yang dibayarkan nasabah, disebut dana tabarru‘, dikelola oleh perusahaan investasi atas nama peserta, dan digunakan untuk membayar santunan kepada peserta yang mengalami musibah atau pihak lain yang berhak menerimanya, sesuai dengan akad yang disepakati. Perusahaan asuransi tidak mempunyai hak untuk mengambil dana tersebut, sehingga keuntungan hanya didapat dari biaya pengelolaan dana tabarru’ tersebut, disebut ujrah.

Dengan adanya pilihan paket asuransi yang disesuaikan dengan syariat agama Islam, AIA semakin melengkapi misinya untuk memberikan solusi keuangan bagi individu maupun keluarga di Indonesia. Mari berasuransi! ***

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s