Investra Link : Pilihan Asuransi Kesehatan dengan Nilai Investasi Terbaik

Beberapa waktu yang lalu saya pernah menulis artikel di blog tentang pengalaman saya berlangganan asuransi kesehatan. Berhubung saya dulu pernah menderita penyakit berat, dan pernah diopname dua kali di rumah sakit, bagi saya memiliki asuransi kesehatan memberikan manfaat besar buat saya.

TINGGAL DI MANA PUN, BERISIKO TERKENA PENYAKIT

Kalimat di atas bukan untuk menakut-nakuti, tetapi memang benar adanya. Zaman sekarang yang memberikan berbagai kemudahan baik dalam fasiitas maupun layanan, justru sering kali membawa juga dampak negatif bagi kejiwaan seseorang, yang nantinya akan berpengaruh pada kesehatannya juga. Contoh mudahnya, penyakit stress yang banyak dialami penduduk kota besar. Karena sudah terlena dengan berbagai kemudahan yang membuat waktu terasa bergerak cepat dan ingin semuanya serba mudah, apabila ada satu hal yang ternyata berjalan tidak sesuai dengan rencana, menimbulkan rasa cemas dalam diri kita. Apabila hal ini terjadi berulang-ulang, rasa cemas yang menumpuk di salah satu titik dalam tubuh mempengaruhi kerja organ tubuh sehingga berfungsi tidak normal dari biasanya. Misalnya, aliran darah terpacu lebih cepat, sehingga menyebabkan tekanan darah tinggi dan si penderita mengalami sakit kepala hebat. Kalau stress ini menjadi kebiasaan, bisa saja suatu hari mempengaruhi organ tubuh lainnya, berakibat pada penyakit yang lebih berat seperti jantung koroner, atau kanker. Yah, Alhamdulillah sampai sekarang sih saya tidak pernah ‘memelihara’ rasa stress itu sampai berlarut-larut :D. Kalau persoalan sudah menumpuk, yah tinggalkan sebentar, menenangkan diri dengan mengalihkan perhatian ke kegiatan yang menyenangkan untuk beberapa waktu.

Punya Asuransi Kesehatan? Wajib Hukumnya! (gambar sumber: bisniskeuangan.kompas.com)

Punya Asuransi Kesehatan? Wajib Hukumnya! (gambar sumber: bisniskeuangan.kompas.com)

Bagaimana dengan mereka yang tinggal di kota kecil, apakah ada risiko menderita penyakit juga? Bisa saja. Misalkan, wabah penyakit yang penyebarannya diakibatkan oleh spesies hewan tertentu. Bisa juga penyakit tersebut timbul akibat pencemaran kuman-kuman karena sanitasi lingkungan di sekitarnya tidak bersih. Bisa juga penyakit yang diakibatkan dari makanan yang sudah basi. Dan berbagai hal lainnya.

Apa pun penyakitnya, saya tetap menyarankan setiap orang punya asuransi kesehatan. Dari yang penyakit kista yang mengharuskan saya untuk dioperasi skala besar (alias bius total selama 3 jam), sampai penyakit yang tidak saya kira bakal sampai tertular ke saya gara-gara makanan yang tercemar, maka asumsi saya, siapa pun bisa terkena penyakit apa saja. Oleh karena itu, saran saya adalah bekali diri Anda dengan asuransi terbaik, yang memberikan perlindungan menyeluruh untuk berbagai jenis penyakit, dengan nilai pertanggungan yang cukup sehingga Anda tidak perlu repot mengeluarkan uang lagi.

MEMILIH ASURANSI KESEHATAN DENGAN MANFAAT INVESTASI

Salah satu asuransi kesehatan yang bisa saya referensikan adalah Asuransi Investra Link dari Commonwealth Life. Asuransi kesehatan yang satu ini memiliki banyak kelebihan, yang jujur saja, belum pernah saya dapatkan di beberapa asuransi lainnya yang saya punya. Oya, sebelumnya Anda perlu mengetahui banyak asuransi kesehatan sekarang ini yang digabungkan dengan produk investasi berjangka, biasa disebut dengan Unit Link. Manfaat dari mempunyai asuransi unit link ini adalah Anda bisa sekaligus berinvestasi untuk beberapa tahun ke depan selain tentunya mendapatkan fasilitas berobat di rumah sakit. Tapi, harap diperhatikan jangan sampai premi (istilah untuk menyebut iuran) yang dibebankan, membuat kondisi keuangan Anda jadi terancam. Hal penting lainnya, perhatikan juga apakah asuransi kesehatan tersebut perlindungannya mencakup penyakit-penyakit berat saja seperti kanker, atau termasuk penyakit ringan seperti flu, bahkan sariawan; apakah ia mencakup berobat jalan atau mesti rawat inap supaya kita dapat merasakan manfaatnya; apakah pembayarannya bisa cashless (tidak perlu mengeluarkan uang tunai) atau malahan hanya bisa sistem reimburse (alias bayar pakai uang sendiri dulu baru diganti asuransi).

Lomba Blog Asuransi Kesehatan dari Commonwealth Life

Lomba Blog Asuransi Kesehatan dari Commonwealth Life

Lalu, dilihat dari segi manfaat investasi melalui fitur unit link yang ditawarkan asuransi kesehatan tersebut, apakah dalam 10, 20 hingga 50 tahun ke depan, nilai uang yang akan Anda dapatkan dapat mengurangi beban-beban biaya Anda di kemudian hari ketika Anda sudah tidak lagi berpenghasilan? Ingat ya, pembaca budiman, berdasarkan data yang saya peroleh dari website Bank Indonesia, setiap tahun tingkat inflasi di Indonesia itu berubah-ubah, kadang menurun, tapi seringnya bertambah antara 4 hingga 6%. Itu artinya, misalkan jika Anda membeli asuransi kesehatan plus unit link untuk jangka waktu 10 tahun, yang pada tahun ke-10, katakan tahun 2026 nanti, Anda akan menerima total Uang Pertanggungan (disingkat UP) sebesar Rp 500 juta, apakah pada tahun 2026 tersebut uang sebesar itu masih sama nilainya dengan tahun sekarang (2015)? Jika misalkan dengan uang Rp 500 juta pada tahun 2015 ini Anda bisa membeli sebuah rumah 2 kamar di pinggiran Jakarta, katakanlah Depok, apakah pada tahun 2026 nanti Anda masih bisa membelinya? Padahal, harga rumah dari tahun ke tahun naik terus, karena permintaan akan hunian meningkat, sedangkan luas tanah di Jadebotabek semakin menyempit.

INVESTRA LINK: ASURANSI KESEHATAN DENGAN NILAI INVESTASI TERBAIK

Nah, inilah yang saya lihat perbedaannya pada asuransi Investra Link yang ditawarkan oleh Commonwealth Life. Salah satu keunggulannya, dan menurut saya merupakan keunggulan utama, adalah fasilitas inflation link yang berfungi melindungi nasabah dari pengaruh inflasi terhadap UP yang akan diterimanya di kemudian hari. Melalui fitur ini, besarnya Premi dan UP setiap tahun disesuaikan berdasarkan persentase Indeks Harga Konsumen (IHK) tahunan. Premi dan UP dihitung dari data bulanan IHK serta tingkat inflasi Indonesia yang dikeluarkan oleh Biro Pusat Statistik secara berkala. Angka perhitungan tersebut akan digunakan untuk menghitung kenaikan UP dan Premi pada tahun Polis berikutnya.

Keunggulan lainnya dari Investra Link dibandingkan dengan produk unit link serupa adalah manfaat perlindungan terhadap penyakit yang tidak dapat disembuhkan sebesar 50% dari UP, dibuktikan dengan bukti medis. Hal ini merupakan berita yang melegakan, khususnya bagi keluarga penderita, apalagi jika sang penderita sendiri merupakan ‘tulang punggung’, dengan kata lain pencari nafkah bagi keluarganya. Saya dapat membayangkan, dari pengalaman pribadi dalam keluarga, selain membutuhkan kesabaran yang luar biasa dalam merawat Ibu semasa beliau masih hidup, menjalani terapi dan check-up rutin pada waktu itu cukup berat dari segi finansial, belum lagi obat-obatan yang dianjurkan dokter untuk dikonsumsi.

Ada banyak manfaat lainnya dari asuransi kesehatan Investra yang tidak saya temukan pada produk asuransi kesehatan serupa. Manfaat yang dimaksud antara lain jika salah satu calon ahli waris meninggal dunia akibat kecelakaan, melalui produk Investra Link Extra, sang tertanggung akan memperoleh manfaat uang santunan sebesar 20% dari UP; serta pemerolehan Commitment Bonus sebesar 25% bila tidak ada penarikan nilai investasi dan sang tertanggung membayar penuh biaya premi selama 8 tahun.

Manfaat Inflation Link dari Asuransi Kesehatan Investra Link

Manfaat Inflation Link dari Asuransi Kesehatan Investra Link (sumber: http://www.commlife.co.id/products/wealth-accumulation/insurance-investment/investra-link/)

Dan yang paling penting, jika Anda bingung dalam memahami produk-produknya, Commonwealth Life menyediakan jasa Call Center di 1-500 525. Para agen asuransi dari Commonwealth Life pun telah bersertifikasi, jadi Anda tidak perlu ragu dengan kualitas mereka dalam penguasaan pengetahuan akan setiap produk. Dengan begitu, mereka tidak akan memberi informasi yang menyulitkan yang selama ini kerap dirasakan oleh para calon pembeli asuransi kesehatan.

Kalau begini, Investra Link bisa menjadi salah satu pertimbangan Anda dalam memiliki produk asuransi kesehatan dengan nilai investasi terbaik. Selamat berasuransi!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s