Ultrabook Series Terbaru dari Samsung: Kemudahan Gaya Hidup Berteknologi yang Nyaman

Asal-Muasal Memakai PC Portable

Netbook yang lebih ringan dari laptop, tapi  fitur terbatas

Netbook yang lebih ringan dari laptop, tapi fitur terbatas

Ngomong-ngomong tentang PC portable, saya memang sedang sangat membutuhkan PC portable terbaru. Karena saya ini hobi menulis, browsing, dan tidak bisa lepas dari dunia itu, pastinya saya membutuhkan PC portable yang ringan, mudah dibawa ke mana-mana, namun tidak menyebabkan tangan pegal ketika mengetik di atas keyboard. Zaman dulu banget, ketika yang namanya laptop baru diperkenalkan di Indonesia (kalau tidak salah sekitar awal tahun 2000-an), saya pernah mempunyai laptop yang gedhee banget, dan berat. Saat itu saya memerlukannya untuk keperluan menerjemahkan buku yang diminta dari beberapa penerbit. Karena ukurannya besar (kira-kira selebar majalah wanita) dan tebal (yang menyebabkan berat sekali saat digendong dalam tas ransel), maka saya hanya bisa melakukan pekerjaan saya itu di rumah.

Ini Dia Ultrabook Terbaru dari Samsung!

Ini Dia Ultrabook Terbaru dari Samsung!

Seiring zaman berganti, saya suka iri dan kepingin melihat orang-orang yang membawa laptop kecil ke mal, resto atau kafe.  Kepingin bisa membawa laptop ke mana-mana tanpa merasa berat karena tubuh saya yang kurus, he he he.  Lalu muncullah netbook dan populer terutama pada saat saya kuliah di Eropa. Kebetulan sekali karena saya hobi ke perpustakaan untuk mencari literatur sekaligus mengerjakan tugas-tugas paper, saya memilih membeli netbook yang lebih ringkas, kecil, baterainya lebih awet mencapai 5 jam.

Kebutuhan Akan PC Portable yang Nyaman

Namun, seiring usia bertambah (waduh!), lama-kelamaan saya agak kerepotan juga mengetik di atas netbook yang kecil. Meskipun untungnya saya belum mengenakan kacamata di usia kepala tiga ini saat berhadapan dengan layar yang mengandung gelombang elektromagnetik, bagaimana pun saya tidak mau gara-gara kelamaan menatap layar saya jadi harus pakai kacamata sebelum waktunya. Kalau bisa malahan saya ingin seperti ayah saya yang sudah berusia kepala tujuh tapi tidak pernah memakai kacamata untuk membaca maupun mengetik di depan layar komputer.  Tetapi justru permasalahannya terletak pada punggung, bahu dan tangan saya, karena mungkin harus berhadapan dengan netbook yang memang diciptakan untuk tujuan kepraktisan dan dibawa ke mana-mana, ketika saya mengetik dalam jangka waktu yang lama di rumah (misalnya 2 hingga 3 jam saja), menggunakan netbook menyebabkan punggung  dan bahu saya sesekali terasa nyeri, dan pergelangan tangan saya (sekitar tulang karpal), linu-linu karena berada dalam posisi miring dan menekan pada keyboard serta meja.  Saya rasa, sudah waktunya saya mengganti netbook dengan jenis PC portable yang cocok untuk kebutuhan dan keadaan saya sekarang. Apalagi, netbook bersejarah yang menemani saya dalam mengerjakan tesis tiga tahun yang lalu, kini beberapa tuts keyboard-nya sudah tidak berfungsi dengan baik, hiks… .

Samsung New Series Ultrabook Super Tipis, Ringan Dijinjing

Samsung Seri Ultrabook Terbaru Super Tipis, Ringan Dijinjing

Lalu, saya menemukan iklan ultrabook terbaru dari Samsung ini: Samsung New Series 5 Ultra dan Samsung Series 7 Ultra yang katanya ultra-portable.  Kalau dilihat dari penampakannya sih, ultrabook terbaru ini memang tipis banget, bahkan di iklan televisi bisa diselipkan melalui pintu lift yang nyaris tertutup, hahaha.. .  Artinya, saya bisa ‘menggendong’-nya ke mana-mana tanpa perlu merasa berat nih, karena Samsung New Series 5 Ultra beratnya hanya 1,52 kg; sementara Samsung Series 7 Ultra beda tipis lah, yaitu 1,46 kg. Lebih ringan daripada menjinjing ketujuh edisi serial buku Harry Potter, huehehe…

Samsung Seri Ultrabook Terbaru sebagai pilihan PC Portable yang tepat

Ultrabook terbaru yang diluncurkan raksasa perusahaan teknologi asal Korea ini, dipasarkan di Indonesia pada pertengahan tahun 2012. Sayangnya ultrabook terbaru ini masih menyasari pasar menengah-atas alias kelas premium dengan harga yang lumayan bikin mikir-mikir dulu untuk membelinya, yaitu sekitar delapan hingga sepuluh jutaan rupiah. Tapi memang, spesifikasinya oke banget untuk teman-teman yang mencari ultrabook terbaru dengan segala kualitasnya.

Layar HD pada Samsung Ultrabook Series bikin mata tetap sehat, bagaikan nonton bioskop kelas premium

Layar HD pada Samsung Ultrabook Seri Terbaru bikin mata tetap sehat, bagaikan nonton bioskop kelas premium

Spesifikasi ultrabook terbaru ini antara lain, dilihat dari tampilan fisik layarnya, pastinya lebih besar daripada netbook yang saya punya sekarang, hihihi. Keduanya sama-sama mempunyai kualitas High Definition (HD) dengan resolusi tinggi (di atas 1500 pixel) luar biasa jernih sehingga seolah-olah kita sedang menonton bioskop kelas Premium dan bukan layar tancap. Baik Samsung New Series 5 Ultra maupun Samsung Series 7 Ultra, kedua-duanya mempunyai layar yang mengandung teknologi ImageEnhancer dan fitur anti-reflective yang membuat mata nyaman dan tidak cepat lelah.  Bahkan ketika Anda sedang nongkrong di taman demi menikmati sinar matahari sambil browsing dengan ultrabook terbaru ini, Anda tidak akan merasa silau dengan cerahnya layar yang mencapai 75% dari layar biasa. Itu penting banget untuk saya yang menginginkan mata tetap sehat tanpa kacamata :).

Kemampuan baterai pada Samsung Ultrabook Series tahan hingga 7 jam!

Kemampuan baterai pada Samsung Ultrabook Terbaru tahan hingga 7 jam!

Faktor penting lainnya bagi saya dalam memiliki PC portable adalah baterai yang tahan lama. Saya lihat ultrabook terbaru dari Samsung New Series 5 Ultra dan Samsung Series 7 Ultra menjawab kebutuhan akan sebuah PC portable yang dapat menyala berjam-jam tanpa perlu dicolokkan ke listrik.  Jadi saya tidak perlu cemas  kalau sedang mengetik di perpustakaan atau di resto sambil was-was melihat baterai yang menipis dan mencari-cari colokan, karena Samsung New Series 5 Ultra dapat bertahan hingga 7 jam,  sedangkan baterai Samsung Series 7 Ultra mampu awet hingga 7,8 jam.  Teknologi Samsung Battery Life Plus pada kedua ultrabook terbaru ini membuat kemampuan life cycles baterainya bisa bertahan hingga 3 tahun!

Lalu, bagi saya yang penting adalah USB ports yang dimiliki kedua ultrabook terbaru ini bisa menerima ‘colokan’ dari berbagai jenis perangkat gadget: mulai dari printer, mikrofon, kabel LAN untuk sambungan internet dial-up, card slot, mini VGA, bahkan HDMI untuk menyambungkan kabel data dari tablet.

USB Ports tampak kiri pada Samsung Ultrabook Series

USB Ports tampak kiri dan kanan pada Samsung Ultrabook Terbaru

Namun sayangnya kedua ultrabook terbaru ini tidak mempunyai fasilitas CD/DVD-Rom disk drive ya, padahal yang saya inginkan dalam sebuah PC portable adalah bisa dimasukkan ‘apa saja’ termasuk CD/DVD tanpa harus membeli lagi CD/DVD portable drive. Netbook saya yang sekarang saya miliki tidak punya drive tersebut makanya saya agak kerepotan saat hendak memainkan program dari CD/DVD.

Untuk spesifikasi kedua ultrabook terbaru ini lebih lengkap, teman-teman bisa membacanya di sini:

 

Samsung New Series 5 Ultra

 

 

Samsung Series 7 Ultra

  Sistem Operasi  Windows 8 (64-bit) Windows 8 (64-bit)

 Processor / Chipset

Intel® Core™ i5 Processor 3337U (1,8GHz, 3MB L3 Cache)
Intel HM76
Intel® Core™ i3 Processor 3217U (1,80GHz, 3MB L3 Cache)
Intel HM76

 Grafis

Intel® HD Graphics 4000 AMD Radeon™ HD 8570M Graphics with 1GB gDDR3 Graphic Memory (PowerExpress)

 Display

 

13,3″ SuperBright+ 350nit FHD LED Display (1920 x 1080), Anti-Reflective 13,3″ SuperBright 300nit HD LED Display (1366 x 768), Anti-Reflective
  Memory 4GB DDR3 System Memory at 1.600MHz (on BD 4GB)
1 SODIMM
4GB DDR3 System Memory at 1.600MHz (on BD 2GB + 2GB x 1)
  Hard Drive 500GB S-ATAII Slim Hard Drive (5.400RPM) with ExpressCache 24GB 128GB Solid-state Drive

 Warna 

Bare Metal Titan Silver
  Multimedia Stereo Speakers ( 2W x 2 )
SoundAlive™
Internal Mic
1,3 megapixel HD Webcam
JBL Stereo Speakers (2W x 2)
SoundAlive™
Internal Digital Mic
720p HD Web Camera
  Ports 1 VGA
(VGA Adapter Option)
1 HDMI
1 USB3.0, 2 USB2.0
(Sleep-and-Charge)
3-in-1 (SD, SDHC, SDXC) Multi-media Card Reader
1 Headphone out / Mic-in Combo
1 RJ45 (LAN)
1 DC-in
1 VGA
(VGA Adapter Option)
1 HDMI
1 USB3.0, 2 USB2.0
(Sleep-and-Charge)
3-in-1 (SD, SDHC, SDXC) Multi-media Card Reader
1 Headphone out/Mic-in Combo
1 RJ45 (LAN)
1 DC-in
  Input Island-type keyboard
Touchpad
Island-type keyboard
(Backlit Keyboard)
Clickpad
  Power 4 Cell (45Wh)
40 W AC Adapter
Li-ion 4Cell (57Wh)
40W / 60W AC Adapter*
* Adapter is different depend on system
  Dimension 315,1 x 218,9 x 14,9 ~ 17,6mm (12,41″ x 8,62″ x 0,59″ ~ 0,69″) 324 x 224 x 17,5mm (12,76″ x 8,82″ x 0,69″)
  Weight  1,52Kg (3,35lbs) 1,46Kg (3,22lbs)

Hhm.. yah, dari ulasan ini semoga saja suatu hari saya kesampaian bisa memiliki ultrabook atau jenis PC portable seperti seri ultrabook terbaru dari Samsung ini. Setidaknya, PC portable semacam ini dapat meringankan aktifitas hobi saya yang tidak lepas dari kegiatan mengetik dengan keyboard dan browsing di internet, mengingat faktor kesehatan dan usia, hahaha… ***

Tulisan ini dibuat dalam rangka mengikuti Samsung Ultraseries SEO Blog Competitio mengenai Ultrabook terbaru dari Samsung.

Sumber Bacaan dan Foto:

Samsung New Series 5 Ultra

Samsung Series 7 Ultra

Ulasan Samsung Ultrabook Series 7 oleh CNET Asia

Ulasan Samsung Ultrabook Series 5 oleh CNET Asia

Is Samsung Giving Up on Netbook?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s