Bir Yang Nggak Bikin Mabuk

Selama ini, bir yang ada dalam bayangan Anda pastinya mengandung alkohol dan bersifat memabukkan. Dengan kata lain, minuman tersebut akan membuat Anda kehilangan kewarasan untuk sementara.  Tetapi, bir-bir yang ini dijamin akan membuat Anda sehat, bahkan dianjurkan untuk diminum! Apalagi, pada saat musim hujan begini…

Bir Pletok dari Betawi: Warnanya Merah Segar!

Bir yang pertama adalah Bir Plethok. Mungkin Anda sudah pernah mendengarnya, bir plethok ini buatan masyarakat asli Betawi yang dapat Anda jumpai beberapa di antaranya di kampung Situ Babakan, Ciganjur-Jagakarsa, Jakarta Selatan. Dari namanya, plethok, maksudnya adalah bunyi yang ditimbulkan dalam proses pembuatannya yang dimasukkan ke dalam gelas bambu dan dicampur es batu lalu dikocok-kocok. Bahan utama minuman ini berasal dari kayu secang yang biasanya digunakan sebagai obat herbal untuk pencegah kanker karena mengandung unsur antioksidan. Rasanya seperti meminum wedang jahe, pedas-pedas menghangatkan. Konon, bir plethok ini sudah ada sejak zaman penjajahan Kumpeni. Dinamai bir karena selain rasanya yang pedas dan menghangatkan badan, minuman ini diciptakan sebagai alternatif minum bir atau sampanye yang dianggap haram karena mengandung alkohol.

Bir Jawa minuman favorit Keraton Jogja

Selain bir plethok, ada minuman pedas menghangatkan lainnya yang berasal dari daerah Jawa Tengah. Ada yang mengatakan minuman ini merupakan minuman kesukaan keluarga Keraton Ngayogyakarta, tapi ada juga yang menyebutkan asalnya dari Kendal. Yah, pastinya minuman ini juga mempunyai latar sejarah serupa seperti bir plethok, yaitu masyarakat setempat pada saat itu ingin minuman yang halal dan tidak bikin mabuk. Namanya adalah Bir Jawa. Perbedaannya dengan bir plethok, selain dari warnanya yang lebih kekuningan (persis seperti bir-bir yang pernah saya jumpai di dalam bar-bar di Eropa), bahan-bahan yang digunakan juga lebih bervariasi. Selain kayu secang, digunakan juga daun pala, daun cengkeh dan kayu manis.  Yang perlu diperhatikan, hati-hati ketika meminumnya, karena Anda bisa tersedak kalau tidak biasa.  Seperti yang pernah saya alami juga, mungkin karena terburu-buru, saya sempat terbatuk-batuk ketika mereguknya, padahal saya sudah lumayan sering menenggak minuman yang berbahan dasar jahe, loh.
Kedua bir yang menyehatkan ini dapat Anda nikmati dan sajikan di rumah sebagai penghangat badan di kala hujan, maupun membantu kesembuhan masuk angin.
Sumber bacaan:

1. Sejarah Bir Pletok, asal Jakarta: http://www.dalimunthe.com/2010/03/sejarah-bir-pletok-asal-jakarta.html
2. Khasiat Kayu Secang: http://www.jahemerahkaromah.com/khasiat-kayu-secang-pada-jahe-merah-karomah/

3. Beer Jawa, Non Alkohol, Segar dan Menyehatkan: http://jogja.storykota.com/id/kategori-pilihan/cinderamata-jogja/beer-jawa

Photobucket

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s